5 Candi Ini Bisa Jadi Alternatif Liburan Seharimu

Candi Plaosan. Sumber : google.com

Alinea – Kamu mungkin saja mulai penat dengan pekerjaan, tugas kuliah yang tak kunjung tertunaikan, atau galau gegara hubungan yang masih saja tidak ada kejelasan. Pergi ke bioskop sendirian tentu saja terlihat sangat menyedihkan. Yang kamu butuhkan, sebenarnya hanya sedikit udara segar, kok!

Yuk, berhenti mengurung diri, keluarlah dari kamar dan bersiap untuk pergi. Bagi kamu yag berada dalam situasi seperti ini, sepertinya jelajah candi bisa jadi rekomendasi. Selain melihat pemandangan alam yang segar dan cantik, kamu bisa belajar sedikit tentang sejarah. Tak harus dihafal, cukup dimengerti saja, bahwa hal-hal yang telah lampau adalah bagian dari kita juga.

Nah, Alinea sudah menyiapkan rute teraik untuk kamu jelajahi candi di Yogyakarta dan sekitarnya dalam sehari! Pastinya mudah dan murah.

  • Berangkat dari Candi Plaosan

 

 

 
 

 
View this post on Instagram
 

 

 

 
 

 
 

 

 

 

 

A post shared by YOGYAKARTA (@yogyaofficial) on

Mungkin kamu familiar dengan Candi Prambanan, tapi tidak dengan Plaosan. Candi Plaosan dipilih menjadi destinasi pertama karena letaknya yang paling mudah ditemukan. Terletak tidak jauh dari kawasan Candi Prambanan di sebelah timur laut, Candi Plaosan ini hanya menarik uang masuk Rp 3000,- saja, loh! Waktu berkunjung terbaik adalah saat menjelang jam lima sore untuk menikmati sunset, atau pagi hari dan menikmati segar udara di candi yang dikelilingi sawah ini.

  • Candi Sojiwan

Terletak tidak jauh juga dari Plaosan. Kamu cukup pergi ke arah Stasiun Brambanan, menyeberangi rel kereta dan Candi Sojiwan ada di perkampungan sebelah stasiun tersebut. Untuk masuk Candi Sojiwan, kamu cukup menulis daftar pengunjung saja. Tempat ini nyaman sekali untuk belajar dan membaca buku. Rimbunnya pepohonan dan semilir angin yang segar tentu bisa membuatmu konsentrasi dalam mengerjakan banyak hal.

  • Candi Sari

Candi Sari ada di kawasan perkampungan. Terletak di kalasan sisi kanan jalan Jogja-Solo.  Dulunya, Candi Sari merupakan suatu Vihara Buddha dan dipakai sebagai tempat belajar serta berguru bagi para bhiksu. Candi ini berada di desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan. Dari Sojiwan, kita harus berjalan ke arah barat setidaknya dua kilometer. Harga tiket masuk Sari Rp 5000,- saja.

  • Candi Kalasan

Candi Kalasan terletak di Desa Kalibening, Tirtamartani, Sleman. Dekat dengan Candi Sari, tidak sampai satu kilo meter. Bedanya, Candi Kalasan terletak di sisi kiri jalan Jogja-Solo. Untuk bisa menikmati kemegahan bangunan candi ini, kamu cukup membayar Rp 5000,- saja.

  • Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di Purwomartani, Kalasan, Sleman. Berbeda dengan Candi Sari, Candi Sambisari ini candi dengan corak Hindhu. Di sini disediakan pula foto-foto selama rekonstruksi penggalian candi. Jadi kamu bisa tahu dan menikmati peninggalan Mataram Kuno di kawasan seluas 50 x 48 meter ini.

Itu dia, 5 candi yang bisa jadi alternatif liburan seharimu. Tunggu apa lagi? Kemasi barangmu dan mulailah bertualang! đŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *