NationNewsPopular

Kemsetneg Resmi Umumkan Mobil Baru Kepresidenan dan Kabinet Masa Mendatang

0

ALINEA-Presiden Jokowi Beserta jajaran kabinet menteri yang akan menjabat pada periode 2019-2024 resmi mendapatkan mobil dinas baru. Kementerian Sekretariat Negara RI (Kemsetneg RI) menjelaskan alasan penggantian ini karena rata-rata usia mobil yang digunakan saat ini sudah tua dan juga beberapa pertimbangan teknis lainnya antara lain, faktor keamanan, keandalan, dan biaya perawatan yang semakin mahal.

Dilansir dari GridOto.com, Mercedes-Benz kembali dipercaya sebagai penyedia kendaraan VVIP bagi orang nomor satu dan dua di negara ini. Mercedes Benz S600 Guard dipilih untuk menggantikan pendahulunya, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang sudah 10 tahun beroperasi dan merupakan warisan dari era Susilo Bambang Yudhoyono. Penggantian mobil kepresidenan ini dilakukan dengan sistem penunjukkan langsung.

“Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada tahun 2019 mengadakan kendaraan kelas VVIP kepresidenan sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukkan Langsung. Mengingat diperuntukkan bagi pengamanan presiden dan wakil presiden, tulis rilis resmi Kemsetneg RI.

Mercedez-Benz S600 Guard sendiri merupakan kendaraan khusus yang dibuat untuk kepala negara dengan sertifikasi keamanan yang sangat tinggi. Mobil ini kabarnya mengantungi sertifikat VR10 yang merupakan sertifikasi tertinggi untuk perlindungan kendaraan non-militer. Mobil ini memiliki mesin 6,0 liter V12 Biturbo dengan transmisi otomatis 7-percepatan yang dapat mengeluarkan tenaga sebesat 537 Tk dengan kecepatan maksimal 250km/jam.

Sementara itu, para menteri dan pejabat setingkat menteri akan menggunakan sedan ramah lingkungan, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sejumlah 101 unit yang dipilih melalui Sistem Tender Umum Pengadaan Kendaraan Menteri Negara/Pejabat Setingkat Menteri yang dimenangkan oleh PT Astra Internasional TBK.

Rencananya deretan mobil dinas tersebut akan datang pada akhir tahun dan mulai dioperasikan pada tahun depan.(TYO)

Octavian Prasetyo

Memperkenalkan Sang Badut, Warner Bros. Rilis Trailer Terbaru “Joker”

Previous article

TVXQ! Circle with in Jakarta: 16 Tahun Dinanti, Begini Serunya Lautan Merah Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *