Lifestyle

Hari Batik: Yuk, Simak Fakta-fakta Uniknya!

0

Alinea- 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Sejak 10 tahun lalu, Batik secara resmi menjadi salah satu warisan kemanusiaan untuk kategori Masterpieces of  The Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh UNESCO.

Batik dalam Bahasa Inggris disebut hand dying (pewarnaan dengan tangan) ini, menjadi salah satu ikon kebanggaan Indonesia. Batik sangat beragam jenisnya sesuai dengan daerah masing-masing. Tidak hanya itu, Batik juga memiliki beberapa fakta unik yang sangat menarik. Yuk, simak fakta uniknya!

  • Asal Kata Batik
Beberapa macam Batik.
(Dok. infobatik)

Batik ternyata berasal dari gabungan 2 kata Bahasa Jawa, yaitu Amba dan Nitik. Amba sendiri berarti menulis, sedangkan nitik memiliki arti yaitu titik.

  • Dicintai oleh Artis Mancanegara Hingga Tokoh-tokoh Dunia
Jessica Alba dengan mini dress bermotif Batik Parang.
(Dok. OkeLifestyle)

Tidak hanya menjadi kebanggan masyarakat Indonesia, Batik juga beberapa kali terlihat dikenakan oleh artis mancanegara hingga tokoh-tokoh dunia. Seperti, Jessica Alba yang mengenakan mini dress bermotif Batik Parang. Juga, Tulisa yang mengenakan dress Batik yang dipadu dengan pewarnaan ikat-celup.

Tidak terkecuali dengan tokoh-tokoh dunia. Salah satunya adalah Nelson Mandela. Bahkan, saat disemayamkan, almarhum Nelson Mandela dipakaikan batik kesayangannya.

  • Tampilan Google di Android Menampilkan Motif Batik
Google versi Android dengan tampilan Batik.
(Dok. Google)

Tidak ingin ketinggalan, Google doodle pun turut merayakan Hari Batik Nasional yang dibuat oleh seniman, Lydia Nichols. Didesain dengan seindah mungkin, Google menampilkan motif Kawung-Parang yang didominasi warna biru dan kuning. Cantik banget!

  • Model Kain yang Tergolong Multifungsi
Motif Batik Parang Barong sebagai sampul buku.
(Dok. Alinea)

Batik pada umumnya digunakan pada pakaian, baik atasan maupun bawahan. Namun seiring perkembangan zaman, Batik pun makin banyak digunakan untuk berbagai macam benda. Mulai dari tas, topi, sampul buku, bahkan hingga sepatu. Wih, makin beragam ya?

  • Menjadi Penyumbang Devisa Negara yang Cukup Besar
Batik sebagai penyumbang devisa yang cukup besar.
(Dok. Blibli Friends)

Kepopuleran Batik di ranah internasional menjadikan Batik banyak diincar oleh pembeli dari luar negeri. Bahkan, Batik mampu menyumbang devisa hingga Rp734 miliar.

“Industri batik berperan besar menyumbang devisa dimana jumlah ekspor batik mencapai US$52,44 juta (setara Rp734 miliar),” kata Airlangga Hartarto, (3/10) dikutip dari Media Indonesia.

Nah Liners, itu tadi beberapa fakta unik mengenai Batik. Sudahkah Liners mengenakan Batik? Mari kita Bersama lestarikan dan jaga Batik sebagai salah satu warisan kebanggaan Indonesia! – (Pinky)

Pinky Nur Azizah
Mahasiswi Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" jurusan Penyiaran, prodi Manajemen Produksi Siaran (Manaprodsi). Menekuni bidang menulis karena merasakannya sebagai sebuah kebutuhan, serta bidang berita online untuk mengasah kemampuan dan menambah pengalaman. Memiliki nama pena yaitu Prince Pinky.

Ratusan Bajingan di Festival Gerobak Sapi 2019

Previous article

Skinny Indonesia 24: Nggak Usah Takut, Langsung Aja Berkarya!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle