Lifestyle

Aneka Macam Teh Beragam Manfaat

0

Alinea – Halo Liners! Kapan nih kalian terakhir minum teh? Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air putih ini tidak hanya dapat membantu melepas dahaga, tetapi juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran Liners. Nah, teh itu ada banyak macam beserta manfaatnya loh! Penasaran apa saja? Yuk, segera cari tahu jawabannya di sini!

Teh Hijau

Teh tradisional yang berasal dari Tiongkok ini terbuat dari daun yang tidak teroksidasi selama daun teh hitam. Rasa dari teh ini menyerupai rasa rumput laut. Setelah diseduh, teh ini akan berwarna hijau, meskipun kebanyakan berwarna kekuningan.

Teh hijau memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan metabolisme, menurunkan kolesterol, dan menurunkan risiko gagal jantung. Teh hijau yang terkenal ialah matcha dari Jepang yang berbentuk bubuk. Tak hanya diseduh, matcha sering dijadikan rasa es krim dan cokelat.

Teh Putih

Teh putih adalah jenis teh yang diolah dari daun teh muda, sehingga rasanya sedikit lebih manis. Teh putih memiliki manfaat untuk kesehatan mulut dan membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Teh putih ini dapat membantu kesehatan kardiovaskular pada jantung. Antioksidan yang terkandung dalam teh putih dapat sangat baik pula untuk kesehatan kulit.

Teh putih mengandung kafein dan antioksidan yang disebut dengan katekin, yang dapat membantu menurunkan berat badan dan memecah lemak tubuh. Dibandingkan dengan jenis teh lainnya, teh putih memiliki jumlah polifenol yang lebih tinggi, yang diketahui memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Teh Hitam

Teh ini merupakan teh yang aroma dan rasanya paling kuat karena teroksidasi lebih lama. Warnanya mulai dari merah tua hingga hitam. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hitam bermanfaat mengurangi risiko stroke, dapat mengatur kolesterol, dan menurunkan kolesterol.

Teh hitam yang terkenal ialah teh Earl Grey. Teh hitam ini memiliki rasa bergamot yaitu buah yang menyerupai jeruk.

Teh Oolong

Teh yang satu ini dibuat dari tanaman yang sama dengan teh hitam dan teh hijau. Bila teh hitam teroksidasi dan teh hijau tidak teroksidasi, teh oolong semi-teroksidasi. Kemudian digulung untuk memberikan bentuk khasnya.

Bila diseduh, teh ini akan berwarna hijau atau kecokelatan. Manfaat dari teh ini dapat mengurangi risiko diabetes. Kandungan antioksidan dalam teh ini yang sangat baik bagi tubuh.

Teh Pur’erh

The pur’erh berasal dari negeri China. Teh ini adalah fermentasi dari daun teh tua, bahkan beberapa umurnya mencapai puluhan tahun sebelum digunakan. Rasa yang ditawarkan saat meminum teh ini berupa rasa lembut dan matang.

Manfaat dari teh ini sangat baik bagi pencernaan dan memiliki kandungan anti-inflamasi. Dengan meminum teh ini mampu meringankan nyeri sendi.

Teh Herbal

Teh herbal adalah teh yang tidak mengandung sama sekali daun teh, kandungannya rempah-rempah yang baik untuk tubuh. Contoh dari teh herbal yaitu teh chamomile, teh krisan, teh kembang sepatu, dan teh rooibos.

Teh chamomile yang terkenal ini berkhasiat untuk menghilangkan stres. Teh krisan rasanya khas agak pahit. Bila suka rasa teh seperti buah, Liners bisa mencoba teh kembang sepatu.

Beberapa manfaat teh herbal antara lain sebagai penghilang stres, membantu melancarkan pencernaan, serta menyembuhkan flu. (Rani Widnadianti)

Rani Widnadianti

Opera Kolosal Kemerdekaan Menjadi Puncak Perayaan HUT RI Ke-74 di Solo

Previous article

Kemeriahan Pawai Pembangunan yang Bertajuk Kebhinekaan di Surakarta

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Lifestyle