Travel

Golden Sunrise di Negeri Atas Awan

0
Pemandangan Golden Sunrise di Negri Atas Awan (Sumber : goodnewsfromindonesia.id)

Wonosobo – Masih di area Pulau Jawa, kali ini Liners akan Alinea bawa menjelajah ke Negeri di Atas Awan nih. Yups! Kemana lagi kalau bukan Dieng, Jawa Tengah yang dianggap sebagai dataran tertinggi di Pulau Jawa. Dengan ketinggian 2.306 mdpl, Dieng bersama pesona alamnya sudah menjadi langganan para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkelana, tidak hanya untuk sekadar melepas stress dan lelah. Apalagi Golden Sunrise nya yang tidak akan membuat Liners menyesal ketika pergi kesana.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk dapat mencapai Puncak Bukit Sikunir, jadi Alinea sarankan untuk menginap dua hari satu malam jika Liners tidak ingin ketinggalan menikmati Golden Sunrise Negeri di Atas Awan yang menjadi incaran para Travellers. Kamu bisa memilih antara menginap di penginapan dengan kisaran harga dari Rp. 200 ribu sampai Rp. 400 ribu, atau berkemah karena disini juga disediakan lahan untuk Liners yang ingin benar – benar menikmati backpacker-an dengan membangun tenda di pinggir danau. Meskipun disini sudah banyak penyewaan alat untuk berkemah, para penjual makanan dan lain sebagainya. Alinea sarankan untuk Liners membawa perbekalan secukupnya ya, karena harga makanan disini juga relatif mahal.

Pemandangan negeri di atas awan dari Puncak Sikunir (Dok. Alinea/ Aisyah Balqis)

Ketika malam hari sampai menjelang pagi udara di Dieng bisa mencapai 15˚C – 7˚C, jadi siapkan pakaian dan jaket yang tebal ya jika kamu tidak terbiasa dengan udara dingin. Bagi Liners yang menyukai Rural Travelling (Jalan-jalan di kawasan pedesaan), Puncak Bukit Sikunir di Dieng, Jawa Tengah bisa menjadi salah satu pilihan. Selain karena track menuju puncaknya tidak terlalu sulit karena sudah ada beberapa jalan pijakan dan juga tangga. Berangkatlah sesudah subuh atau sebelum fajar menyapa ya Liners, kalau sudah mencapai Puncak Bukit Sikunir tepat waktu dijamin nggak akan menyesal deh karena selain dapat menikmati Golden Sunrise Negeri di Atas Awan, Liners dapat melihat deretan gunung – gunung tinggi di Pulau Jawa seperti Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Sumbing dan Gunung Merbabu.

Wisata Dieng terbagi oleh 2 kabupaten yaitu Banjarnegara dan Wonosobo, kurang lengkap juga rasanya jika kamu belum juga mencicipi makanan khas salah satu daerahnya yaitu mie ongklok khas Wonosobo.

Mie Ongklok Khas Wonosobo (Sumber : magazinejoblike.com)

Mie Ongklok adalah mie rebus yang dibuat dengan menggunakan kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berkanji yang disebut loh. Ada juga yag menambahkan sate sebagai teman makan mie ongklok, hal ini membuat cita rasa dari mie ongklok semakin nikmat. (Balqis)

Aisyah Balqis
Instagram : asyabalnurz99

Gunung Andong, Cocok Untuk Kamu Pendaki Pemula

Previous article

Penerus R.A Kartini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel