Lifestyle

Kebahagiaan Berlipat dengan Segigit Cokelat

0
(Dok.lovebackyard.com)

Alinea- Hi, Liners! Adakah diantara Liners yang suka makan cokelat? Hmm, atau jangan-jangan malah chocolate- addict? Tapi apa Liners tau, ternyata si manis ini punya segudang manfaat loh! Yuk, merapat sebentar!

Sebelum kita kepo-in, kayaknya bakal lebih komplit kalau kita tau sedikit tentang sejarahnya deh! Menurut wikipedia.com, cokelat adalah sebutan dari hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman para bangsawan.

(Dok. tstatic.net)

Oya, cokelat dengan kandungan 70 persen cocoa dianggap sebagai dark chocolate, pada jenis ini ia memiliki senyawa flavonoid yang tinggi. Wah, terus apa hubungannya ya? Nah, langsung aja yuk, apa aja sih empat manfaat berlipat dari cokelat?

  • Meningkatkan Aliran Darah
(Dok. hindustantimes.com)

Senyawa flavonoid yang terkandung di cokelat sangat berfungsi untuk melindungi peredaran darah atau aliran darah pada tubuh kita, senyawa ini dapat memperlebar pembuluh darah pada otak. Yups, dengan mengonsumsi cokelat secara teratur, dapat menaikkan sirkulasi darah hingga bebas dari berbagai penyakit karena peredaran darah tidak lancar.

  • Mengurangi Resiko Serangan Jantung
(Dok. ikons.id)

Penelitian dari John Hopkins, Diane Becker, MPH, ScD cokelat hitam (dark chocolate) dapat mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50 persen. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lebih lambat pada orang yang makan cokelat dibanding yang tidak. Ketika trombosit mengalami pembekuan, dapat terbentuk dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.

Selain itu, pakar kesehatan dari Universitas Harvard, mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga mengurangi risiko atrial fibrillation, kondisi detak jantung yang tidak teratur serta dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi jantung lainnya.

  • Menurunkan Berat Badan
(Dok.mirror.co.uk)

Nih, buat yang sering menghindari cokelat dengan alasan diet! Huhu, sayang banget! Cokelat malah bisa membantu untuk menurunkan bobot tubuh kita loh, Liners! Lah, masa?

Penelitian University of Copenhagen menyatakan, cokelat hitam (dark chocolate) dapat memberikan perasaan yang lebih kenyang seperti saat kita buah-buahan lainnya. Si cokelat hitam termasuk dalam camilan sehat yang tidak mengandung kalori. So, nggak akan begitu pengaruh ya! Tapi Liners harus tetap memperhatikan jumlahnya!

  • Mengurangi Stres dan Mengingkatkan Mood
(Dok. .aolcdn.com)

Dark chocolate dapat merangsang produksi endorfin dalam tubuh yang memberikan transmisi perasaan yang baik untuk otak dan membantu memperbaiki suasana hati, serotonin dan dopamin menjaga untuk tetap dalam aliran darah lebih lama sehingga kita bisa tetap merasakan efeknya lebih lama juga. Nah, ini nih yang membuat kita merasa senang. ~terlebih yang ngasih doi yekan?

Juga kandungan serotonin dalam cokelat ini berperan sebagai obat anti depresan yang alami. Dengan cokelat dapat membuat emosi kita menjadi terkontrol sehinga mengurangi resiko stres serta depresi.

Cokelat memang punya segudang manfaat, tapi kalau terlalu berlebihan bisa saja ia menjadi jahat loh, Liners! Akan lebih baik jika kita memilih jenis cokelat seperti dark chocolate yang tidak ada campuran bahan lain, jadi kita bisa lebih merasakan efek hebatnya! Happy Eating!(Lia)

Rizki Liasari

Review Liga Inggris: Titel Juara Liga dan Tiket Liga Champions Makin Memanas

Previous article

6 Tips Liburan Hemat dan Puas di Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle