Lifestyle

Libur Telah Tiba! Simak Tips Aman Mudik Dengan Kendaraan Pribadi

0
(Dok. idntimes.com)

Alinea– Nggak kerasa lebaran tinggal menghitung hari nih! Pasti Liners senang kan? Apalagi yang sedang merantau untuk menuntut ilmu ataupun bekerja, kita bisa pulang ke kampung halaman, bertemu orang-orang dan keluarga yang kita sayangi, dan merasakan suasana lebaran bersama keluarga. Pasti sudah tidak sabar ya untuk pulang? Khusus untuk Liners yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, berikut beberapa tips berkendara aman sampai kampung halaman:

1.      Cek Kondisi Kendaraan

(Dok. confused.com)

Hal utama yang harus Liners perhatikan adalah kondisi kendaraan, periksa oli mesin, kondisi ban, rantai, busi, dan lampu-lampu yang ada. Apabila Liners kurang yakin dengan kondisi fisik kendaraan, silahkan bawa ke bengkel untuk diperiksa dan servis

2. Persiapkan Barang Bawaan Sebelum Berangkat

(Dok. kumparan.com)

Buat daftar barang bawaan yang akan dibawa mudik. Daftar barang berguna agar Liners tetap mengingat barang yang dibawa dan juga mengatur prioritas barang yang harus dibawa. Persiapkan semua barang bawaan sedini mungkin agar tidak tergesa-gesa ketika akan berangkat mudik.

3. Bawa bekal makanan dan minuman serta obat pribadi

(Dok. cloudfront.net)

Bekal makanan dan minuman juga perlu dibawa, Liners bisa membawa bekal seperti roti dan air mineral untuk berjaga-jaga apabila terjebak dalam kemacetan di waktu berbuka agar dapat membatalkan puasa dan sebagai pengganjal perut selama perjalanan. Pastikan juga, Liners membawa obat-obatan pribadi untuk mencegah gangguan kesehatan yang mungkin dialami selama perjalanan.

4. Jangan membawa barang berlebihan

(Dok. cd.net)

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga apabila Liners membawa barang berlebih, bahkan sampai mengganggu konsentrasi dalam berkendara sehingga bisa berakibat fatal. Untuk itu daftar prioritas barang bawaan berguna untuk mengontrol kita dalam mengatur barang yang harus dibawa maupun barang yang tidak penting untuk dibawa.

5. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit

(Dok. thetimes.co.uk)

Kesehatan tubuh merupakan faktor penting apabila akan melakukan perjalanan panjang, karena apabila Liners mengalami gangguan kesehatan meskipun mungkin hanya pusing, tentunya juga akan mengganggu dan bisa memecah konsentrasi di jalan. Untuk itu, kondisi tubuh yang fit harus dipersiapkan, istirahat yang cukup, gizi yang terpenuhi, dan berolahraga sangat dianjurkan agar tubuh bugar dan siap melakukan perjalanan panjang.

6. Tentukan rute perjalanan

(Dok. cdn.com)

Merencanakan rute perjalanan berfungsi untuk membuat estimasi waktu perjalanan, memetakan wilayah, dan mengenali medan yang Liners lalui. Itu semua dilakukan agar perjalanan lancar sampai kampung halaman.

7. Pantau kondisi lalu lintas

(Dok. newshub.id)

Selalu update dengan kondisi lalu lintas jalan yang akan dilalui agar terhindar dari titik-titik kemacetan dan dapat mencari jalan alternatif lain yang aman. Liners bisa melakukan pemantauan kondisi lalu lintas dengan aplikasi navigasi yang ada di smartphone.

8. Bawalah uang tunai

(Dok. prgrm.id)

ATM tidak selalu ada di sepanjang jalan yang akan dilalui, untuk itu membawa uang tunai dengan jumlah yang cukup sangat diperlukan. Ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila ada kebutuhan mendesak seperti ban bocor, pergi ke wc umum, membeli bensin, dan untuk makan di warung.

9. Persiapkan Gadget

(Dok. cloudfront.net/)

Kehidupan manusia sekarang ini tak bisa dilepaskan dengan gadget, terutama smartphone. Karena hampir segala kebutuhan manusia bisa dilakukan dengan gerakan tangan di smartphone. Oleh karena itu, untuk memudahkan perjalanan mudik, pastikan Liners mempersiapkan Smartphone dalam kondisi sebaik mungkin, mengisi baterai, mengisi pulsa, dan paket internet agar smartphone dapat digunakan dengan baik ketika dibutuhkan.

10. Jangan lupa untuk berdoa

(Dok. 123rf.com)

Sebelum melakukan perjalanan, berdoa merupakan hal yang wajib dilakukan untuk memohon perlindungan dan kelancaran kepada Sang Pencipta.

Nah! Itulah beberapa tips yang Alinea coba berikan agar perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi lancar dan aman sampai kampung halaman. Selamat berlebaran dan hati-hati dijalan, Liners! (TYO)

Octavian Prasetyo

7 Tradisi Unik Lebaran di Indonesia

Previous article

Hangout Mewah nan Terjangkau di District 1, Meikarta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle