Memanjakan Mata dengan Pesona Khas Pantai Drini

Gunungkidul – Howdy Liners! Selain wisata budaya, Yogyakarta juga terkenal karena banyak wisata alam pantainya lho! Gunungkidul menjadi daerah di Jogja yang memiliki sederet pantai indah dengan ciri khas masing-masing di setiap pantainya. Salah satunya yaitu Pantai Drini, pantai ini punya ciri khas dimana ada sebuah pulau kecil di bagian tengah lautnya. Terbagi kedalam dua bagian, pulau tersebut banyak ditumbuhi oleh pohon Drini yang menjadi asal penamaan pantai ini.

Terdapat Pulau Kecil di Tengah Laut (Dok. Alinea/ Rani Widnadianti)



Lokasi Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul. Berdekatan dengan Pantai Baron yang berada di sebelah timurnya. Untuk bisa sampai kesana terdapat beberapa rute yang bisa dipilih Liners nih! Diantaranya :

1. Dari arah pusat Yogyakarta

Apabila dari pusat Kota Jogja, jarak yang perlu Liners tempuh untuk dapat sampai di kawasan Pantai Drini adalah 60 km atau kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan. Rutenya yaitu : Kota Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Landasan Udara TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – ikuti kearah Pantai Drini

2. Dari arah Solo

Dari arah Solo, ada dua pilihan rute yang dapat dipilih yaitu melewati Klaten dan Sukoharjo.

  • Kota Klaten – Cawas – Semin – Watukelir – Tanjungsari – ikuti arah menuju ke Pantai Drini.
  • Sukoharjo – Solo – Tawangsari – Semin – Watukelir – Karangmojo – Tanjungsari – ikuti arah menuju ke Pantai Drini.

Berdekatan dengan Pantai Pok Tunggal, Pantai Baron, dan Pantai Nglambor. Pantai Drini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, terdapat perbukitan dan dataran tinggi, selain itu tempat ini dapat digunakan untuk melihat pemandangan dari atas tebing-tebing di sekitar pantai.

Gazebo dan bukit di sekitar Pantai Drini (Dok. Alinea/ Rani Widnadianti)

Keunikan yang ada di Pantai ini adalah adanya pulau yang berada di tengah laut dan membagi pantai menjadi dua bagian. Uniknya, kedua bagian ini memiliki kondisi yang berbeda, dimana pada bagian sisi timur pantainya memiliki ombak yang lebih tenang dan sisi timur pantai memiliki ombak yang cukup besar. Di bagian timurnya juga terdapat dinding tebing yang kokoh layaknya perisai untuk menahan ombak. Dengan adanya dinding tebing inilah yang membuat sisi timur pantai menjadi lebih tenang.

Perbukitan dan Hamparan Pasir Putih yang Lembut di Pantai Drini (Dok. Alinea/ Rani Widnadianti)

Beragam spesies bisa Liners temui disini, seperti Jambrong, Sergeant Major, dan Goby Pasir yang hidup diantara terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya. Jika Liners ingin berenang, pilihlah bagian timur dari Pantai Drini yang mempunyai ombak tenang sehingga lebih aman.

Wisatawan yang ingin masuk menikmati keindahan pantai ini hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- saja. Tarif tersebut sudah termasuk biaya masuk pantai lainnya seperti, Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal, dan lain-lain.

Untuk fasilitas yang tersedia di Pantai Drini meliputi tempat parkir, kamar mandi, tempat makan dan lain-lain. Di sana juga terdapat penyewaan perahu kano atau perahu karet yang tentunya akan membuat liburan Liners semakin berkesan.

Nah tunggu apa lagi Liners? Yuk coba rasakan indahnya pesona Pantai Drini! (Rani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *