GrafisNews

[INFOGRAFIS] Mengenal Lupus, Gangguan yang Menyerang Balik Pengidapnya

0
Apa itu Lupus?
Gejala ruam pada wajah penderita lupus. (https://bit.ly/2DP0dRI)

Yogyakarta – Linerstahu nggak sih apa itu Lupus? Lupus dikenal dengan penyakit ‘penyakit 1000 wajah’. Sebutan ini muncul akibat penyakit kronis ini  muncul pada setiap orang berbeda dan menimbulkan gejala serta tanda yang hampir mirip dengan penyakit lainnya.

  • APA ITU LUPUS?

Lupus adalah suatu gangguan sistem kekebalan yang terjadi di dalam tubuh. Penyakit ini termasuk ke dalam penyakit autoimun yang menyebabkan sel-sel tubuh rusak dan mengalami peradangan.

Namun berbeda dengan Odapus atau Orang Dengan penyakit Lupus, sistem imun yang seharusnya membentengi mereka dari penyakit, justru berbalik menyerang sel – sel tubuh mereka sendiri. Sehingga, odapus mudah mengalami penyakit infeksi dan peradangan – akibat sel sehat diserang oleh sistem imun atau antibodi.

Berdasarkan data dari Komunitas Odapus yaitu “Sahabat Cempluk”, Lupus dapat menyerang berbagai organ bagian tubuh seperti, kulit, jantung, paru – paru, ginjal, sel darah, tulang dan sendi. Organ yang diserang tersebut akan mengalami gangguan, ada Odapus yang mengalami gangguan pada satu organ saja, namun ada juga Odapus yang mengalami gangguan pada beberapa organ.

Apa itu Lupus?

  • KENALI GEJALA PADA LUPUS

penyakit ini cenderung sulit untuk dideteksi gejalanya pada masa dini. Kesulitan diagnosis biasanya dapat menyebabkan langkah penanganan yang kurang tepat. Tapi tenang, Lupus bukan merupakan penyakit yang dapat menular.

Gejala orang yang mengalami penyakit Lupus berbeda-beda, Jika kamu mengalami setidaknya 4 gejala dan tanda dibawah ini, maka sebaiknya segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan:

  1. Demam panjang yang berulang,
  2. nyeri otot, tulang dan sendi, nyeri dada, rasa lelah yang ekstrem,
  3. berat badan yang menurun secara tiba – tiba,
  4. rambut menipis atau rontok,
  5. sariawan,
  6. sensitif terhadap sinar matahari
  7. ada juga yang mengalami ruam khas pada wajah bebentuk kupu- kupu atau yang disebut butterfly rush.
  • PENDERITANYA RATA-RATA WANITA

Penyakit lupus termasuk peyakit yang jarang terjadi. Namun, lupus dapat menyerang siapa saja baik anak – anak, remaja maupun orang dewasa. Bahkan 90% dari Odapus dialami oleh perempuan dalam usia produktif.

Alasan nya belum diketahui dengan pasti sampai sekarang. Tetapi, sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of the Rheumatic Disease menyatakan, kalau hal ini terkait dengan kromosom gen yang dimiliki perempuan. Wanita 9 kali lebih berisiko terkena lupus dibandingkan pria.

Sampai saat ini penyebab pasti penyakit lupus belum diketahui, dugaan sementara disebabkan oleh faktor gaya hidup dan faktor keturunan atau gen. Meskipun lupus belum dapat disembuhkan secara total, Odapus dapat mengontrolnya dengan rajin ke dokter dan disiplin minum obat. Maka dari itu Liners terapkanlah pola hidup sehat sedari sekarang ya, karena sehat itu mahal. (Balqis)

Aisyah Balqis
Instagram : asyabalnurz99

Ulasan Film ‘Terima Kasih Cinta’ Perjuangan Menghadapi Lupus

Previous article

Ulasan Film ‘Gotham’: Legenda Sang Ksatria Kegelapan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Grafis