Lifestyle

Mie Ongklok Bukan dari Tiongkok

0
(Dok. brilio.net)

ALINEA – Setelah kita puas menikmati golden sunrise Wonosobo, akan lebih lengkap lagi jika kita mencoba makanan khasnya. Yups, Mie Ongklok. Kalau mendengar namanya yang sangat asing ini, rasanya mie ini bukan berasal dari tanah jawa ya? Agak-agak nyerempet Negeri nan jauh yaitu Tiongkok.

Eitss, tapi jangan salah Liners! Mie Ongklok berasal dari jawa loh! Makanan asli tanah Wonosobo, Jawa Tengah. Asal usul nama Mie Ongklok ini karena proses pembuatan pada saat dimasak, diaduk-aduk atau dalam bahasa jawanya di ongklok-ongklok, dengan cara dicelup-celup keatas dalam air panas dengan menggunakan saringan.

(Dok. detik.net.id)

Mie Ongklok memang sama seperti mie jawa pada umumnya sedikit besar-besar, namun yang membuatnya beda tampilan kuahnya yang kental sedikit mirip dengan kuah sayur capcay. Ternyata, usut punya usut kuah ini dibuat menggunakan saripati singkong, gula merah, udang ebi, yang disempurnakan dengan bumbu kacang, lada, dan bawang goreng. Hmm, dibayangin aja enak ya?

(Dok. travelingyuk.com)

Nggak hanya itu Liners! Mie ongklok disajikan dengan cara ditaburi potongan sayur kubis, daun kucai, tempe, tahu, kemudian diguyur kuah kentalnya yang berwarna kecoklatan, dan ditambah beberapa tusuk sate. Satenya pun bukan sate ayam madura seperti yang kita kenal sekarang ya, melainkan sate sapi yang pastinya dapat menyatu dengan kelezatan dari mie enak ini. Lalu mengapa harus menggunakan sayur kubis dan kucai ? yups karena sayur ini merupakan sayuran utama masyarakat Wonosobo, dan daun kucai itu cocok sekali untuk mengobati penyakit darah tinggi.

(Dok.3.bp.blogspot.com)

Sedap banget ya? Apalagi kalau dinikmati saat hujan, kuah kentalnya yang dari tungku langsung hangat di badan. Harganya pun cukup terjangkau, Liners hanya berkisar Rp. 15.000/porsi. Dan tiap warung atau pedagang kaki lima yang ditemui di Wonosobo mayoritas menjajakan Mie Ongklok loh! Nggak usah khawatir kehabisan deh pokoknya!

Gimana? Liat gambarnya auto otw ke Wonosobo ya? Heiii, jangan khawatir! Buat Liners yang pengen banget tapi nggak ada waktu bisa buat sendiri lho! What? Yups, sekarang mie cita rasa istimewa ini sudah tersedia dalam bentuk instant! Selamat mencoba! (Balqis)

Aisyah Balqis
Instagram : asyabalnurz99

PSM Makassar Amankan Tiket Semifinal Usai Kalahkan Home United dengan Skor 3-2

Previous article

Peringati Hardiknas, Museum Tamansiswa Gelar Sepekan Dewantara

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle