FotoNewsRecommended

Opera Kolosal Kemerdekaan Menjadi Puncak Perayaan HUT RI Ke-74 di Solo

0

Solo – Selain Pawai Pembangunan, Pemerintah kota Solo menggelar opera kolosal yang bertajuk “Hadeging Nagari Republik Indonesia”. Opera tersebut menjadi puncak perayaan HUT RI ke-74 di kota Solo. Opera Kolosal yang digelar pada Minggu (18/8) malam itu dibuka oleh FX. Hadi Rudyatmo, Walikota Solo.

Opera tersebut didukung lebih dari 100 penari dengan melibatkan sanggar-sanggar teater di kota Solo. Opera yang diselenggarakan di halaman Balaikota Solo itu menceritakan tentang sejarah berdirinya Republik Indonesia. Cerita yang diangkat dimulai dari masa Boedi Oetomo, masa sumpah pemuda, proses lahirnya pancasila hingga peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Opera Kolosal kemerdekaan tahun ini disutradarai oleh Agung Kusumo dengan iringan dari komposer Dedek Wahyudi. Naskahnya sendiri digarap oleh budayawan senior ST. Wiyono dan Budi Riyanto.

Ratusan masyarakat dan tamu undangan seperti veteran, camat, dan jajaran pemerintah kota Surakarta turut hadir untuk menyaksikan opera kolosal kemerdekaan tersebut. Opera kolosal yang digelar tiap tahun tersebut mampu mengaduk – aduk perasaan penonton, karena menampilkan kisah sedih, konflik, kemanusian, dan komedi ketoprak. (Dika)

Dika Pradana

Cetak Sejarah Baru, OG Esport Juarai ‘The International’ 2 Tahun Beruntun

Previous article

Aneka Macam Teh Beragam Manfaat

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login/Sign up