News

Produksi “Ngeri” di Balik Film Makmum

0
(dok.fimela.com)

Setelah sukses membuat penonton terkejut pada gala premiere Rabu (07/08/19) lalu, akhirnya Film makmum serentak tayang di bioskop pada 15 agutus 2019 di 4 negara sekaligus, yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Film horor dengan nuansa religi ini merupakan film perpanjangan dari film pendek “Makmum” karya Riza Pahlevi dan timnya.

Berawal pada tahun 2015, Riza Pahlevi, Vidya Ariestya, dan Dhion Fanditya, ketiganya merupakan alumni STMM Yogyakarta. Mereka disatukan oleh passion yang sama dan memutuskan untuk memproduksi “Makmum” saat ketiganya berada pada semester 5 perkuliahan, bukan karena tugas atau lomba, tapi murni berkarya.

“Makmum idenya dari aku yang suka denger cerita orang-orang yang diganggu pas sholat. Awalnya aku mau hanya adegan sholat aja, tapi akhirnya ide ini dikulik lagi sama kita bertiga biar lebih menarik juga” jelas Riza saat diwawancara Alinea.

Tak hanya viral di Youtube, “Makmum” short movie ini juga telah mendapatkan banyak penghargaan dari beberapa festival seperti Hellofest, PopCon Award, Jogja Netpac Asian Film Festival dan The Crappy International Movie di Suece, Spanyol. 

Hal ini membuat “Makmum” dilirik sejumlah PH (production house) yang tertarik untuk mebuat film versi panjangnya. Dee company dan Bluewater lah yang akhirnya menggarap film panjang ini. Dua kru dari makmum short movie juga terlibat produksi film panjangnya,yaitu Riza dan Vidya.

Dilansir dari suara.com, produser film “Makmum”, Deeraj Kalwani menyatakan bahwa awalnya Riza agak ragu-ragu, tetapi dengan meyakinkan, setelah beberapa kali bertemu, Riza setuju dan akhirnya film dikembangkan dari durasi 7 menit menjadi 91 menit layar lebar.

Syuting film yang di sutradarai Hadrah Daeng Ratu dan dibintangi Titi Kamal ini berlokasi di Salatiga. Fakta unik bahwa lokasi syuting berupa bangunan lama ini dahulunya merupakan rumah sakit paru-paru dan rumah sakit jiwa.

Riza bercerita bahwa beberapa pemain mengalami kejadian janggal. Hal ini akan semakin menambah horor nuansa film tentunya. Wah, siapa yang penasaran film versi panjangnya? Liners pecinta film horor, langsung merapat ke bioskop yuk!

(Rosha Shaula)

Rosha Shaula

Hewan Kurban di Cianjur Ditilik Lebih Gemuk

Previous article

Lewati Drama Adu Penalti, Liverpool Sukses Pesta di Istanbul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News