Lifestyle

Referensi Film Religi Jadul, Siap Temani Sampai Bedug Muncul!

0
(Dok. statisticbrain.com)

Alinea – Howdy, Liners! Gimana puasa di ramadan hari ini, lancar kan? Liners pasti tau kan, bulan ramadan menjadi bulan yang penuh berkah dan pahala. Sttt, bahkan saat tidur pun termasuk ibadah.

Nah, biar puasa kita lebih adem dan bisa menambah pengetahuan agama, sambil nunggu bedug bisa banget nih, kita nonton film religi karya sineas-sineas Indonesia. Saking asiknya sampai lupa kalo udah adzan aja! Hmm, apa aja ya filmnya?

  • Mencari Hilal
(Dok. islamindonesia.id)

Film garapan Islmail Basbeth ini mengisahkan perjalanan seorang anak dan ayah yang berbeda pendapat. Mereka kerap adu argumen tentang masalah tradisi, agama, dan pola pikir masing-masing. Film yang rilis tahun 2015 ini memiliki banyak sekali pesan di dalamnya.

Lewat film ini juga kita bisa melihat dengan jelas bagaimana pola pikir yang berbeda dan bagaimana peran agama dalam kehidupan sosial dengan berbagai isu terbaru saat ini. Tapi perlu diingat, walaupun Liners beda pendapat dengan orang tua, Liners harus tetap sayangi mereka ya!

  • Hijab
(Dok. tempo.co)

Jujur dan sederhana. Hijab menawarkan sebuah cerita yang relevan bahkan hingga masa kini. Ada empat sahabat yang diperankan oleh Zaskia Adya Mecca, Carissa Putri, Tika Bravani dan Natasha Rizki yang sedang menjalankan bisnis fashion muslim.

Namun, karena kesan “bisnis” harus sesuai dengan konsep Islam, salah satu dari empat wanita ini kemudian binggung dan terjadi sebuah konflik. Sebuah isu yang relevan, bahkan hingga saat ini.

Film garapan Dapur Film ini memiliki cerita-cerita yang punya makna. Tentang bagaimana sebuah ajaran Islam sebenarnya yang sangat bersahabat dan sejuk, bukan mengkafirkan orang yang punya pandangan yang berbeda.

  • Bulan Terbelah Di Langit Amerika 2
(Dok. montasefilm.com)

Film ini merupakan sekuel dari film yang sebelumnya dengan judul yang sama  yang menceritakan pasangan suami istri yang hijrah ke Amerika Serikat. Selain karena proses syutting yang dilakukan di luar negeri, film ini juga memiliki cerita yang bagus dan penuh hikmah.

Film yang dibintangi Abimana Aryasatya ini agaknya wajib kita coba putar ulang deh. Disamping kita bisa melihat betapa uniknya dunia, kita juga bisa belajar lebih banyak tentang islam di belahan dunia yang berbeda.

  • Hijab Travelers: Love Spark in Korea
(Dok. kincir.com)

Diangkat dari novel karya Asma Nadia, film ini menceritakan tentang Rania Samudra, seorang penulis yang gemar travel. Saat ayahnya sakit, Rania memutuskan untuk pulang. Namun ayahnya meminta Rani untuk pergi ke Baluran, Jawa Timur tempat di mana ayah dan ibunya bertemu.

Disana ia bertemu dengan fotografer asal korea. Dan dari sanalah kisah cinta islami ini dimulai. Yups, kapan lagi kan bisa liat oppa-oppa tapi tetap rasa islami? Jadi penasaran kan, Liners?

  • Haji Backpackers
(Dok. 1.bp.blogspot.com)

Dalam film ini kita akan disuguhkan cerita tentang seorang pemuda bernama Mada, Abimana Aryasatya yang patah hati karena pernikahan yang terpaksa gagal yang diakibatkan si mempelai wanita, Sophia, Dewi Sandra yang tiba-tiba kabur di tengah acara pernikahan.

Setelah itu, Mada meluapkan kemarahannya kepada Tuhan dan akhirnya memutuskan untuk pergi dari rumah tanpa tujuan. Lambat laun dia pun semakin melupakan Tuhan dan ajaran agamanya. Berada dalam jalan hidup yang sesat, Mada melewati hari-harinya penuh dengan kecemasan dan sering dihantui mimpi buruk dalam tidurnya.

Setelah beberapa kejadian buruk yang menimpanya, ia pun akhirnya menyadari bahwa dia tetaplah dilindungi oleh Sang Kuasa, walaupun ia hidup di jalan yang tidak benar. Aduh, Liners kalau galau juga suka gitu nggak?

Nah, itu tadi beberapa film jadul yang sarat nilai islami yang dapat kita jadikan referensi. So, udah pilih film yang mana nih buat menemani Liners sembari menunggu adzan? (Dian)

Dian Hastuti

ABL: Kalah Tipis, CLS Kembali Ditaklukkan oleh Slingers

Previous article

Comeback, Spurs Kalahkan Ajax di Semifinal Liga Champions

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle