Lifestyle

Ulasan Film ‘Gotham’: Legenda Sang Ksatria Kegelapan

0
8 Karakter utama di serial ‘Gotham’ (dok. FOX)

Yogyakarta, Alinea – Serial TV ‘Gotham’ yang merupakan serial Batman papan atas FOX. Penonton jelas dibuat penasaran karena ini merupakan cerita Origin Batman yang belum pernah diceritakan sebelumnya.

Serial “Gotham” dikemas 5 Season oleh Producer Bruno Heller, dan Season Finale “The Legend of dark knight” sedang tayang sekarang di FOX TV, tiap episode dikemas dengan sangat apik juga penuh plot twist, dengan kejahatan-kejahatan dari para kriminal kota.

Dimulai dengan masa lalu Bruce Wayne (David Mazouz) menjadi sang Batman di kota kriminal Gotham, dan mungkin banyak yang bertanya apakah ini masuk kedalam cerita sang pahlawan Gotham Batman?

Jawabannya iya, serial ini bahkan menceritakan kisah 15 Tahun jauh sebelum batman muncul. Dan akan berfokus kepada Kriminalitas yang terjadi di Kota Gotham, Penonton setia Batman pasti dibuat penasaran akan serial ini.

“Hanya butuh satu hari yang buruk untuk membuat seseorang menjadi gila.” Ujar Jerome Valeska sang Joker pertama untuk membuka season terakhir. 

Jerome Valeska sang Joker yang diperankan oleh Cameron Monaghan (dok. Fox)

Singkat cerita semua masalah dimulai setelah kedua orang tua Bruce Wayne, Thomas dan Martha Wayne dibunuh di gang dan kisah ini selalu diceritakan di semua serial batman manapun, kematian itu memicu munculnya tokoh James Gordon (Ben McKenzie) dan Harvey Bullock (Donald Logue) untuk menyelidiki kasus kematian tersebut.

Awal Season 1 dan 2 hanya akan bergantung pada hari-hari awal Gordon dengan Departemen Kepolisian Kota Gotham, akan diisi dengan kasus kematian Martha dan Thomas Wayne, begitu kompleks juga sadis tetapi di seri selanjutnya, kisah asal beberapa penjahat Batman juga ditampilkan seperti Oswald Cobblepot (Robin Taylor) The Penguin, Jerome dan Jeremiah Valeska (Cameroon Monaghan) The Joker, Edward Nygma (Cory Michael Smith) The Riddle, Ra’s Al Ghoul (Alexander Siddig), Harvey Dent (Nicholas D’Agosto)  alias Two Face. Tapi ingat liners, ini semua cerita masa lalu sebelum mereka semua mendapat julukan-julukan kriminal itu.

Memasuki Season 3 adalah season paling menegangkan menurut Alinea. di serial ini, karakter Jerome Valeska atau Joker (Cameron Monaghan) Seorang Psikopat berpenampilan badut ini, bersama Oswalt alias The Penguin, Mulai men-teror seisi kota Gotham dengan membawa Ideologi Anarkis miliknya, kegilaan terjadi sebagaimana warga kota mulai mengikuti idelogi tersebut dan melakukan tindakan kriminal tanpa melihat aturan dan mengincar Bruce Wayne selaku orang terkaya di Gotham.

Season 4 adalah Season dengan Rating tertinggi yaitu 8.5 versi IMDB, di Season ini kota Gotham benar-benar ditutup berkat ulah Jeremiah Valeska adik dari Jerome Valeska yang mengambil julukan The Joker kedua, Jeremiah memaksa penutupan kota dengan meledakkan jembatan-jembatan yang ada di sekeliling kota.

Sang Joker yang baru ber-obsesi ingin membangun ulang Gotham dengan karya nya sendiri dengan cara meledakkan seisi kota. Keadaan ini yang memaksa Bruce harus menerima takdir dia menjadi Ksatria Kegelapan kota Gotham.

Jeremiah Valeska sang Joker kedua juga diperankan Cameron Monaghan (dok. Fox)

Di Serial ini, Bruno Heller patut dihargai dengan Script cerita serta visual nya. Serial ini mampu menyajikan tampilan fisik yang terlihat segar, Visual DC yang selalu bernuansa gelap, serta backsound yang sesuai dengan adegan yang ditampilkan.

“Ben McKenzie dan Donal Logue adalah duo yang menarik sementara Robin Taylor memberikan kita The Penguin yang sangat unik.” Ujar Bruno

Karakter yang dibawakan tiap pemain juga patut diacungi jempol. Cameron yang memerankan 2 karakter Jerome dan Jeremiah Valeska, berhasil membawakan karakter “Joker” yang bernuansa Psikopat dan pembunuh masal dengan kegilaannya.

Dari segi penulisan cerita, setiap karakter memiliki ceritanya masing-masing, tentu saja karena ini sebuah serial dan harus dibuat se-detail mungkin. Bruno dinilai berhasil dalam mengembangkan tiap karakter, seperti contoh karakter Barbara Kyle, karakter yang tidak berpengaruh di cerita menjadi sangat menggila.

Namun sangat disesalkan seakan-akan James Gordon lah tokoh utama di serial ini dan cocok menjadi Batman melebihi Bruce Wayne sendiri dan banyak cerita yang dinilai tidak konsisten seperti banyak adegan yang tidak perlu tapi tetap ditampilkan di serial tersebut.

Sejauh ini imdB memberikan 7.9/10 untuk keseluruhan season, dan Rotten Tomatoes memberikan score 82%. (Faiz)

Faiz Iqbal

[INFOGRAFIS] Mengenal Lupus, Gangguan yang Menyerang Balik Pengidapnya

Previous article

[INFOGRAFIS] Inflasi DIY Januari 2019 Relatif Terjaga

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle