News

Solo Batik Carnival 2019, Pamerkan Keragaman Kostum 11 Negara Asean

0
Kirab Solo Batik Carnival 2019 (dok. Alinea)

Surakarta – Kirab Solo Batik Carnival 2019 (SBC 2019) kembali digelar pada Sabtu, (27/7/2019). Rangkaian kirab SBC dimulai dari Sriwedari menyusuri sepanjang jalan Slamet Riyadi dan berakhir di balaikota Solo. Diikuti oleh sekitar 200 peserta, acara ini juga diramaikan oleh beberapa bintang tamu seperti Mister Grand International 2018 dan Mister Grand Indonesia 2018 hingga penyanyi jebolan kompetisi bernyanyi Rising Star, Indah Nevertari.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara tahunan kota Solo kali ini diikuti oleh 11 delegasi negara ASEAN yang menampilkan keragaman kostum 11 negara ASEAN dengan balutan batik. Selain itu, turut hadir pula Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo yang mengenakan kostum khas Timor Leste dan dan Laos.

“Atraksi seperti inilah yang dibutuhkan untuk mengangkat pariwisata kita. Ini harus dikembangkan di setiap daerah, seperti di Pekalongan juga sudah ada,” ujar Gubernur Jateng di acara SBC Sriwedari, Solo, Sabtu (27/7/2019).

Xena, salah satu panitia acara tersebut menjelaskan, gelaran yang ke-XII ini mengambil tema ‘Suvarna Bhumi the Golden of ASEAN’ yang bermakna Negara Emas. Filosofi dari tema tersebut adalah Solo Batik Carnival diibaratkan sebagai sebuah emas, sebuah perhiasan yang berharga dan banyak dicari orang.

“Agenda ini sangat mengangkat daya tarik pariwisata. Kali ini lebih berwarna karena menggunakan tema ASEAN. Harapannya agar wisatawan negara-negara tetangga juga banyak yang tertarik dan datang ke Solo” terangnya saat grand final Solo Batik Carnival Sabtu, (27/7/2019).

(Dika Pradana)

Dika Pradana

Tour Pra-Musim: Chelsea Tekuk Barca di Jepang

Previous article

Yuk, Belajar Bahasa Inggris Anti Bosan!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News