Ulasan Film ‘Us’: Teror dari Doppleganger

Us film bernuansa Horror-Thriller dengan konsep cerita unik (dok. Universal Pictures)

ALINEA – Sutradara Jordan Peele bersama Universal Pictures kembali mengguncangkan dunia perfilman dengan film terbarunya bergenre Horror-Thriller berjudul Us yang penuh ketegangan dan pastinya membuat liners merasa puas, hampir mirip dengan filmnya sebelumnya yaitu Get Out, tapi berkonsep berbeda.

Lupita Nyong’o dan Winston Duke yang pernah akting bersama di film Black Panther, dipertemukan kembali di film Us sebagai sepasang suami istri, Us akan menyoroti lebih dalam tentang kehidupan keluarga, film ini dibendol menghabiskan total $118 Juta dollar biaya produksi.

Cerita dimulai dengan kehidupan masa lalu Adelaide Wilson (Lupita Nyong’o) saat kecil yang pergi ke taman hiburan di tepi pantai bersama kedua orang tuanya, saat itu Adelaide terpisah dan berakhir di sebuah wahana misterius ‘Hutan Cermin’ yang dapat membuat seseorang menemukan jati dirinya.

Adelaide yang tidak tahu apa-apa menemukan sosok yang mirip dengannya tapi berperilaku aneh, pengalaman tersebut membuatnya trauma ketakutan hingga ia dewasa.

Teror pun dimulai ketika Adelaide Wilson dan suaminya Gabe Wilson (Winston Duke) bersama kedua anak mereka berlibur ke pantai dan menginap di rumah masa kecil Adelaide, disaat itu, Adelaide selalu merasa cemas dan khawatir jika masa lalu nya akan menghantuinya lagi, teror pun datang ketika empat anggota keluarga tak diharapkan muncul dan berdiri tanpa respon yang jelas.

(dok. Universal Pictures)

Sebuah kemasan Horror-Thriller yang patut di acungi jempol dari sutradara film Get Out ini, Adelaide bersama keluarganya terheran-heran melihat empat orang keluarga asing itu berwujud mirip dengan mereka alias ‘doppleganger’ dan memaksa mereka untuk bertahan hidup dari hasrat membunuh yang tersalurkan lewat dendam, tiap adegan di film ini dijamin mencuri perhatian liners.

Peele berhasil menggabungkan genre Horror dan Thriller dalam film Us ini, ketegangan tiada henti, akting yang emosional, efek visual yang dan tentu saja musik hingga Score-nya bernuansa terror yang membuat liners gregetan. tidak banyak adegan sadis yang ditampilkan, melainkan visual shot yang menunjukkan emosi tiap-tiap karakter, tetep film ini patut di acungi jempol.

Konsep thriller yang unik, menggunakan konsep doppleganger dalam teror nya dan uniknya cerita Us bukan hanya tentang keluarga Adelaide, melainkan manusia di seluruh dunia memiliki doppleganger mereka sendiri yang siap mengambil posisinya tanpa tujuan jelas.

Liners mungkin tidak akan menyangka bahwa film ini ternyata ditujukan untuk unsur komedi, ada beberapa adegan di film yang memang berfokus pada komedi untuk mencairkan suasana dan membuat rasa penasaran liners muncul terus menerus, itulah ciri khas dari Peele.

Akting dari tiap pemain juga patut diberi apresiasi, Lupita Nyong’o misalnya, berhasil membawakan dua karakter yang bertolak belakang dari segi pembawaan, serta suara unik yang membuat liners merinding sepanjang film, tak heran jika ia pernah mendapatkan piala Oscar.

Kejanggalan dalam film memang tidak bisa dihindari, banyak adegan komedi di film ini yang menghapus suasana tegang yang sudah diciptakan.

Terlepas dari semua kejanggalan, yang membuat film ini menjadi pilihan Alinea ialah akhir cerita dengan Plot Twist atau yang tidak disangka-sangka untuk menutup keseluruhan cerita, yang jelas liners pasti penasaran!

Us layak untuk di tonton, Imdb memberi nilai 7.5 untuk film ini, untuk Liners yang suka dengan film bergenre Horror-Thriller, film ini diperuntukkan untuk 17 tahun keatas, karena Peele khawatir pembawaan, dialog, dan beberapa adegan dapat membuat trauma sebagian penonton dibawah umur. (Faiz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *