Travel

Waterfront City Pontianak Tawarkan Pemandangan Sungai Kapuas

0
Suasana Waterfront City di siang hari (dok. Alinea/Faiz Iqbal)

Pontianak – Dikala pagi hingga sore hari tentunya asyik jika dihabiskan untuk bersantai bersama kerabat. jika kamu sedang berada di kota Khatulistiwa Pontianak, kamu bisa menikmati pemandangan sungai terpanjang di Indonesia yaitu Sungai Kapuas dari tepian Waterfront City. Tidak salah lagi kalau Waterfront City menjadi wisata alternatif di kota Pontianak.

Waterfront dibangun oleh pemkot kota Pontianak mulai tahun 2017 lalu dan diresmikan awal tahun 2019. Merupakan wisata yang dibangun di tepian Sungai Kapuas yang membentang di kedua sisi sungai tersebut. Waterfront mulai diramaikan pengunjung saat peresmian nya baru-baru ini.

Menurut pantauan Alinea. Panjang waterfront ini dimulai dari Alun-Alun Kota Pontianak (korem) hingga jembatan Kapuas I, tentunya cocok untuk liners berolahraga dan jalan-jalan sore karena rute lintasnya yang cukup panjang. Untuk wisatawan yang ingin mengelilingi sungai Kapuas disini, bisa masuk lewat Gg. Irian, atau Jalan Barito dengan hanya membayar parker Rp 2 ribu

Cocok untuk bersantai pagi sore bersama keluarga (dok. Alinea/Faiz Iqbal)

Selain itu, Pemkot juga menyediakan beberapa fasilitas infrastruktur di sepanjang Waterfront mulai dari tempat sampah, tempat duduk dengan jumlah banyak, mushola, pos kepolisian, rambu jalur darurat, panel indeks kualitas udara, hingga jalur kuning khusus untuk tunanetra demi kenyamanan para pengunjung.

Waterfront tidak hanya untuk bersantai ataupun olahraga saja, disana juga menawarkan wisata air seperti kano, menaiki sampan yang akan membawa mu keliling sungai dengan hanya membayar Rp 10 ribu perorangnya juga kapal besar yang dapat mengangkut banyak orang dengan hanya membayar Rp 15 ribu yang tak kalah unik tentunya.

Lahan yang luas dengan pemandangan Sungai Kapuas yang menyegarkan mata cocok buat liners yang ingin ber-swafoto ala-ala instagramable. Waktu yang cocok untuk berkunjung ke Waterfront ialah diwaktu sore hari hingga malam hari, karena selain dapat menikmati matahari terbenam yang menyoroti Sungai Kapuas, liners juga disuguhkan dengan kuliner khas Kalimantan Barat yang terbentang sepanjang Waterfront ini.

Disini kebanyakan pengunjung menghabiskan waktu dengan duduk santai, berswafoto ria, berkumpul bersama keluarga. Wisatawan sangat beruntung karena Waterfront ini dibuka 24 jam. Wisata Waterfront ini oleh pemkot akan dijadikan wisata ikonik karena dinilai membuat kedekatan yang kuat antara warga dengan sejarah Sungai Kapuas. (Faiz)

Faiz Iqbal

Nikmati Panorama Alam Sukabumi Lewat Suspension Bridge

Previous article

Puncak Sosok: Wisata Baru yang Tengah Naik Daun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel