Lifestyle

Yuk, Belajar Bahasa Inggris Anti Bosan!

0

Siapa sih di antara kita yang tidak membutuhkan bahasa? Tentu tidak ada. Kalau tidak ada bahasa, komunikasi pun akan terhambat.

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang penting dalam kehidupan sekarang ini. Kita akan merasa terbelakang atau kebingungan jika tidak menguasai Bahasa Inggris sama sekali.

Lalu, bagaimana jika nyatanya memang tidak bisa? Tenang! Di bawah ini, akan ada beberapa tips mempelajari Bahasa Inggris tanpa merasa terbebani. Let’s cheque these out!

1. Baca dalam Bahasa Inggris

(Dok: edutopia.org)

Hal ini terdengar sepele, namun jangan salah, membaca sendiri merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Apalagi kalau tiser mulai membiasakan diri membaca dalam Bahasa Inggris.

Secara tidak langsung, tiser telah meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu dalam bidang membaca dan menulis. Semakin banyak kata baru yang diserap, dijamin tiser akan makin percaya diri dalam menulis. Bukankah untuk dapat menulis dengan baik, harus dimulai dengan banyak membaca?

2. Dengarkan apapun yang berbahasa Inggris

(Dok: gonaturalenglish.com)


Sedang tertarik dengan sebuah genre lagu? Coba dengarkan salah satunya yang memiliki lirik berbahasa Inggris! Atau sedang menaruh minat pada seorang selebriti? Coba dengarkan saat ia berbicara dalam Bahasa Inggris! Dengan mendengarkan dari berbagai sumber, akan semakin banyak aksen atau gaya bicara yang didapatkan. Misal tiser bertemu dengan bule dari Jepang, tiser tidak perlu lagi khawatir, karena pendengaran tiser sudah terlatih.

3. Jawab banyak pertanyaan

(Dok: theladders.com)


Cari sebanyak mungkin pertanyaan. Bisa tiser temukan pada wawancara selebriti, kutipan, atau lainnya. Saat menjawab, gunakan suara yang lantang! Tidak perlu merasa takut akan mengganggu orang lain. Justru tiser akan terdengar keren karena berbicara dalam Bahasa Inggris, bukan?

Tiser bisa meminta tolong salah satu teman untuk membacakan pertanyaannya, lalu tiser akan menjawabnya. Untuk permulaan, lupakan tentang grammar dan peraturan lainnya. Cukup pikirkan bagaimana pesan tiser dapat tersampaikan.

4. Belajar Rap

(Dok: sccpre.cat)


Ini memang terkesan aneh, namun percayalah, mempelajari bagaimana cara rap cukup membantu dalam mempelajari Bahasa Inggris. Coba dengarkan musik-musik rap berbahasa Inggris. Kira-kira, kalimat apa yang dilontarkan oleh sang rapper? Bukankah cukup menarik dan menantang?

Tidak perlu memaksakan diri apabila tidak dapat menguasainya. Tidak semua native speaker pun menguasai rap. Hanya orang-orang dengan minat dan bakat tertentu yang biasanya mampu menguasai rap. Tapi tidak ada salahnya mencoba, kan?

Untuk rap, lagu karya Eminem atau bahkan rapper kebanggaan negara kita; Rich Brian, bisa menjadi salah satu rekomendasi yang cocok untuk belajar.

5. Menulis dengan Bahasa Inggris

(Dok: zabansalehi.com)


Hal ini ada kaitannya dengan nomor 1. Percuma saja jika rajin membaca dalam Bahasa Inggris, namun jarang menerapkannya dalam tulisan. Tidak perlu gegabah ingin menulis berita atau cerita, cukup bubuhkan kata-kata berbahasa Inggris pada caption Instagram tiser, misal. Atau sering menulis buku harian? Kenapa tidak sisipkan saja beberapa kalimat berbahasa Inggris?

6. Aksen? Kenapa tidak?

(Dok: ethaier.com)

Jangan merasa terganggu dengan aksen yang kita miliki. Apabila aksen yang tiser gunakan adalah British English, gunakanlah! Banggalah saat menggunakan aksen tersebut. Mungkin saja tiser satu-satunya pengguna aksen tersebut di antara teman-teman.

Tiser juga bisa menggunakan aksen bahasa daerah yang menjadi keseharian tiser. Tidak semua orang dapat mengucapkan Bahasa Inggris sebagus orang luar, jadi tidak masalah menonjolkan ciri khas yang kamu miliki, selama apa yang ingin disampaikan dapat dimengerti.

7. Berteman dengan orang-orang dari luar

(Dok: churchleadership.com)


Carilah sebanyak mungkin orang-orang dari luar negeri. Lalu, bertemanlah dengan mereka. Ajak mereka untuk berbincang menggunakan Bahasa Inggris. Karena apa maknanya mempelajari bahasa asing apabila tidak disalurkan? Tapi, jangan lupa pastikan ya, apakah orang tersebut mampu berbahasa Inggris atau tidak.

8. Berbicaralah!

(Dok: psychbytes.com)


Ya. Berbicaralah! Kita tidak bisa selamanya menjadi orang yang pemalu. Jika belum berani berbicara langsung dengan orang asing, tiser bisa meminta tolong kepada teman yang pandai berbahasa Inggris. Mulailah dengan percakapan yang sederhana, seperti menanyakan kabar.

9. Cintai Bahasa Inggris

(Dok: keep-calm.net)


Ini adalah hal yang paling mendasar dari belajar Bahasa Inggris. Percuma saja jika tiser tidak memiliki rasa cinta terhadap Bahasa Inggris. Semua yang telah tiser pelajari rasanya akan terbuang sia-sia. Tidak ingin bukan semua yang tiser pelajari tidak ada gunanya?

Tiser bisa memberi motivasi pada diri sendiri. Salah satu caranya, mungkin dengan menyukai idola yang pandai berbahasa Inggris. Dijamin tiser akan tertarik belajar Bahasa Inggris. Kalau sang idola sendiri bisa, kenapa tiser tidak?

10. Coba menonton apapun dalam Bahasa Inggris

(Dok: images.huffingtonpost.com)


Apapun. Bisa dalam bentuk film, video singkat, drama, variety show, dan sebagainya. Penggunaan Bahasa Inggris di sini menjadi yang terpenting. Carilah tontonan yang memuat ucapan Bahasa Inggris. Untuk langkah awal, tonton menggunakan subtitles. Setelah beberapa lama, coba tonton tanpa menggunakan subtitles sama sekali. Niscaya kemampuan listening-mu akan meningkat.

Itu dia beberapa tips bagi kalian yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Tertarik untuk mencoba?

Pinky Nur Azizah
Mahasiswi Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" jurusan Penyiaran, prodi Manajemen Produksi Siaran (Manaprodi). Menekuni bidang menulis karena merasakannya sebagai sebuah kebutuhan, serta bidang berita online untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan pengalaman. Memiliki nama pena yaitu Prince Pinky.

Solo Batik Carnival 2019, Pamerkan Keragaman Kostum 11 Negara Asean

Previous article

Preview: Pekan Pertama English Premiere League

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle