Travel

Yuk! Ngabuburit di 5 Pasar Ramadhan Populer Yogyakarta

0

Alinea – Hai Liners! Di bulan puasa seperti ini, sambil menunggu saatnya berbuka puasa daripada bosan menunggu di rumah, enaknya sih Ngabuburit ke pasar Ramadhan sambil berburu takjil atau barang kebutuhan lainnya. Nah, Alinea punya 5 rekomendasi pasar Ramadhan di Yogyakarta nih! Buat yang nggak puasa juga bisa lho, wisata kuliner atau sekadar jalan-jalan kesini. Apa aja sih? Yuk langsung aja!

1. Pasar Ramadhan Jogokariyan

Pasar Ramadhan Jogokariyan yang merupakan salah satu bagian dari agenda Kampoeng Ramadhan Jogokariyan (Dok. www.idntimes.com)

Pasar Ramadhan ini merupakan salah satu bagian dari agenda Kampoeng Ramadhan Jogokariyan. Selain terkenal akan masjid Jogokariyan yang menyediakan ribuan porsi takjil untuk berbuka puasa, pasar yang digelar setiap tahun ini, setidaknya juga menampung 250 pedagang, lho! Setiap sore, pasar yang berlokasi di Jalan Jogokariyan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta ini selalu ramai dipadati oleh pemburu takjil dan pencinta kuliner. Selama 15 tahun penyelenggaraannya, Pasar Ramadhan Jogokariyan selalu dinanti masyarakat dari berbagai penjuru Yogyakarta. Bahkan, tak jarang turis mancanegara juga bisa kamu jumpai disini. Cobain yuk, Liners!

2. Pasar Sore Ramadhan Kauman

Kuliner Pasar Sore Kauman (Dok.
blogrudiwijaya.wordpress.com)

Berada di gang kecil yang berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan, tepatnya di Kampung Kauman, Gondomanan, Yogyakarta, Pasar Sore Ramadhan Kauman menjadi salah satu pasar yang cocok untuk ngabuburit. Sejak pukul 15.00 WIB, pasar yang menjadi pelopor pasar kaget Ramadhan ini,  sudah dipadati pembeli maupun penjual aneka macam jajanan dan lauk-pauk. Selain berburu makanan, Liners juga bisa berwisata religi  karena lokasinya berdekatan dengan Masjid Agung Keraton Yogyakarta atau biasa disebut Masjid Gede Kauman. Saat bulan puasa, masjid peninggalan Mataram Islam ini tak pernah sepi pengunjung.

3. Jalur Gaza Nitikan

Yogyakarta juga punya Jalur Gaza lho. Eits, Jalur Gaza seperti di Palestina? Bukan! Jalur Gaza ini adalah sebuah singkatan dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada. Nah, karena berlokasi di Nitikan, maka disebut Jalur Gaza Nitikan, Liners! Sepanjang Jalan Nitikan Tegalturi, di trotoar sebelah kiri dan kanan jalannya dipenuhi oleh pedagang pada setiap sore selepas Ashar. Jajanan khas takjil Ramadhan tentunya dijajakan di pasar ini. Seperti kolak pisang, sup buah, sate kolang-kaling, dan lainnya. Aneka santapan lainnya juga dapat ditemui di Jalur Gaza ini, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Salah satu pedagang yang berjualan di Jalur Gaza Nitikan (Dok. eatjogja.com)

4. Pasar Ramadhan Pakualaman

Pedagang yang menjajakan dagangannya di Gajah Mada Ramadhan Festival (Dok. eatjogja.com)

Memiliki nama resmi Gajah Mada Ramadan Festival, Pasar Ramadhan Pakualaman yang digelar di sepanjang Jalan Gajah Mada, Pakualaman menjadi salah satu rekomendasi tempat mencari takjil yang menjajakan beraneka ragam makanan dan minuman untuk berbuka, seperti cocktail, jus buah, dan lainnya. Para penjual biasanya mulai berjual saat selepas Ashar dan menjelang waktu tarawih.

5. Pasar Ramadhan Lembah UGM

Pasar Sore Ramadhan Lembah UGM (Dok. kompasiana.com)

Di sore hari saat bulan Ramadhan, Lembah UGM mendadak jadi pasar kaget. Kemacetan merupakan hal biasa yang terjadi disini. Terlebih jika mendekati waktu berbuka. Makanan dan minuman yang dijajakan diantaranya es tebu, es kacang hijau, siomay, batagor, gorengan, sosis bakar, es pisang ijo, dan lainnya. Di pasar ini, ternyata banyak pula mahasiswa yang turut buka lapak untuk tambah-tambah uang saku, Liners!
Selamat mencoba! (Razanti)

Razanti 'Azza

Masjid Jogokariyan Pastikan Keamanan Barang Para Jamaah Aman

Previous article

Pernak Pernik Ramadan: Muda-Mudi Islami Untuk Negeri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel