HealthLifestyle

Rahasia Si Gemerlap Warna-Warni Kembang Api

0

(dok. Anna-Louise/Pexels.com)

ALINEA – Kembang api sangat identik dengan perayaan pergantian tahun. Walaupun sering dilarang penggunaannya. Ledakan kembang api biasanya jadi penanda di malam 31 Desember menuju 1 Januari. Namun, tahukah kamu? mengapa ledakan kembang api terlihat indah?

Menurut American Chemical Society (ACA), pada setiap kembang api terdapat bubuk mesiu dan ratusan “bintang” kecil berukuran tiga sampai empat sentimeter. “Bintang” tersebut mengandung bahan-bahan kimia berupa zat pengoksida, pengikat, dan logam oksida yang memberi warna pada kembang api.

Zat pengoksida yang sering digunakan adalah garam perklorat atau nitrat, yang dapat melepas oksigen dan api pada kembang api. Sedangkan untuk mendapatkan warna-warni yang indah, ahli kembang api menambahkan garam logam. Atom tembaga menghasilkan cahaya spektrum biru, sementara atom strontium menghasilkan cahaya spektrum merah.

Ketika kembang api dipanaskan, atom dalam senyawa logam akan menyerap energi, sehingga elektron menata ulang tingkat energi mulai dari yang terendah menuju tingkat yang lebih tinggi. Saat elektron turun ke tingkat energi lebih rendah, kelebihan energi tersebut akan dipancarkan menjadi cahaya.

Setiap energi yang dilepaskan berbeda, dan energi tersebut digunakan untuk menentukan warna dan panjang gelombang cahaya yang dihasilkan. Bahan-bahan kimia tersebut bisa digabung-gabung, untuk mendapatkan warna yang diinginkan.

Pola semburan yang terdapat pada kembang api tergantung pada pyrotechnicians (ahli kimia kembang api) dalam penempatan bahan-bahan kimia di wadahnya.

Sayangnya, kembang api dianggap terlalu berisiko sehingga ada beberapa daerah yang melarang perayaan ganti tahun dengan pesta kembang api. Tapi jangan sedih, karena itu demi kebaikan bersama. Yang terpenting, tetap berhati-hati. Bahan-bahan kimia pada kembang api mudah meledak dan asapnya bisa membuat sesak nafas. Happy New Year!

(Angela)

Angela Rezka

Pentingnya Merencanakan Target Tahun Depan Kamu Agar Mudah Tercapai

Previous article

Unik! Irak Rayakan Tahun Baru di Bulan Maret

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Health