· ·

Melihat Kondisi Rakyat Ukraina Dengan Data

Penyerangan Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari 2022 lalu, belum menemukan titik terang dan masih berlangsung hingga kini. Presiden Rusia, Vladimir Putin menjelaskan bahwa alasan penyerangan Rusia ke Ukraina adalah atas dasar tidak merasa aman dengan mendekatnya Ukraina ke NATO.

Data Total Korban

Data terbaru dari OHCHR (Office of the High Commissioner for Human Rights) menunjukkan bahwa sejak penyerangan awal hingga saat ini. Dalam laporan tersebut, total korban tewas sudah mencapai 3280 korban dan korban terluka sebanyak 3451 korban. Jumlah korban tewas terdiri dari 3049 orang dewasa  dan 231 anak-anak. Sementara itu, korban terluka terdiri dari 3123 orang dewasa dan 328 anak-anak.

Data Total Pengungsi dan Negara Tujuan

Dari data yang dirilis oleh United Nations High Commissioner for Refugees, banyak masyarakat Ukraina yang perlahan mulai mengungsi ke negara-negara tetangga. Dalam data tersebut, Polandia menjadi negara dengan pengungsi Ukraina terbanyak dengan total 3.167.805 orang disusul Romania dengan total pengungsi sebanyak 857.846 orang.

BlueDots Untuk Pengungsi Ukraina

Blue Dots UNHCR
sumber : unhcr.org

Dalam rilis yang diterbitkan oleh UNHCR pada 5 Mei, UNHCR dan mitra telah memberikan informasi, konseling, dukungan psikososial dan rujukan perlindungan kepada 6.322 pengungsi Ukraina di Hungaria, termasuk lebih dari 1.500 orang dalam seminggu terakhir. Dari mereka yang menerima dukungan, sekitar 60% adalah wanita, 38% anak-anak, dan 2% pria yang lebih tua. Sekitar 70% menderita tekanan psikologis dan dirujuk untuk dukungan psikososial tambahan.

Saat ini terdapat 5 Blue Dots yang beroperasi di Polandia, termasuk di Warsaw dan Krakow Przemyśl serta Blue Dots di Titik Penyeberangan Perbatasan Medyka dan Korczowa. Selain itu, Beberapa Blue Dots tambahan saat ini sedang dibentuk di Poznan, Gdansk, dan Gdynia. Selain itu, Sebanyak 4.521 individu (2.056 keluarga) telah diberi konseling melalui Blue Dots dari 23 Maret hingga 2 Mei.

Di Romania, UNHCR terus memberikan informasi perlindungan dan konseling. Dalam hal ini, 13.700 orang telah menerima dukungan dan informasi perlindungan secara langsung atau jarak jauh melalui saluran bantuan yang berfokus pada akomodasi, transportasi, layanan medis, dukungan pendaftaran sekolah, kesempatan kerja, dan perlindungan sementara.

Hingga saat ini, UNICEF sudah menyediakan Blue Dots di beberapa titik jalur pengungsian dan berencana untuk menyediakan beberapa Blue Dots tambahan di seluruh Polandia, Moldova, Rumania, Belarus, Hungaria dan Slovakia. Selanjutnya, Blue Dots akan ditempatkan di sepanjang titik masuk kedatangan pengungsi utama, situs pendaftaran dan beberapa pusat kota.

Tags : | |

BERITA TERKAIT