Pembangunan Kereta Gantung Gunung Rinjani Dimulai Akhir Tahun

ALINEA – Pada akhir tahun 2022 ini, akan ada pembangunan fasilitas kereta gantung di kawasan Taman Wisata Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dikutip dari CNN Indonesia, Pemerintah Daerah Lombok Tengah mengatakan bahwa sebelum memulai pembangunan kereta gantung ini akan diawali dengan peletakan batu pertama tepat pada peringatan hari jadi Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rencana lokasi pembangunan kereta gantung ini berada di Desa Karangsidmen menuju kaki Gunung Rinjani. Panjang kereta gantung ini direncanakan sekitar 10-15 kilometer.

Pembangunan fasilitas baru ini sangat disetujui dan didukung oleh pemerintah daerah. Karena dengan adanya fasilitas kereta gantung ini akan mempermudah dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dikutip dari Tempo.com, kereta gantung Kawasan Rinjani merupakan lintasan kereta gantung terpanjang di dunia. Investasinya sekitar 2,2 triliun. Titik akhir lintasan kereta gantung menuju puncak setinggi 3.726 mdpl, masih membutuhkan jarak 2 kilometer lagi dengan berjalan kaki untuk mencapai puncak Gunung Rinjani atau Kawasan Danau Segara Anak.

Sumber : Lombok Post

Dengan adanya dukungan yang positif ini maka sangat mudah untuk mendapat izin dari pemerintah, karena kawasan hutan akan digunakan menjadi kawasan hutan taman rakyat. Serta aman untuk pembangunan fasilitas baru tanpa merusak hutan, karena sudah melakukan proses Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Adanya pembangunan ini tidak akan mengganggu mata pencaharian masyarakat setempat atau para pemandu Gunung Rinjani, karena mereka memiliki targetnya sendiri. Bagi pendaki yang ingin naik Gunung Rinjani pastinya akan tetap memilih menggunakan jasa pemandu.

Investor asal Tiongkok akan berinvestasi 100 miliar untuk membangun kereta gantung menuju kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.  Adanya pembangunan ini diharapkan untuk meningkatkan pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penulis : Nastiti Renata P.
Editor : Indah Nur Shabrina

Baca juga : Korps Digita Marching Band STMM Mendapatkan 5 Piala di Hamengkubuwono Cup 2022


 

Tags : |

BERITA TERKAIT