4 Rahasia Pola Asuh Mona Ratuliu

Tahu nggak sih, bulan Mei adalah Bulan Kesadaran Kesehatan Jiwa atau Mental Health Awareness Month di Amerika. Perlu diingat juga, bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun rentan sekali mengalami gangguan mental. Entah itu permasalahan sepele yang paling kecil, atau permasalahan lain yang mungkin susah diselesaikan.

Pola asuh atau gaya parenting setiap orang tentu berbeda. Setiap orang mengalami pola asuh yang beda. Mona Ratuliu, seorang artis dan presenter yang saat ini tengah mengandung itu pernah menulis sebuah buku yang berjudul “Parenthink”.

Memperingati bulan kesadaran kesehatan jiwa, anak sulungnya yang bernama Mima menggelar siaran langsung di Instagram pribadinya @MimaShafa dengan sang Ibu. Mima yang masih remaja itu ingin berbagi cerita dan pengalaman kesehatan mental pada anak remaja yang lengkap dengan lika-likunya.

Nah, dalam live tersebut, Mona Ratuliu memberi tips dalam menghadapi anak remaja dengan karakter berbeda dan selalu tumbuh berkembang sesuai usianya.

“Mau ngga mau, sebagai orang tua harus menyadarinya juga; bahwa segala sesuatu itu bisa diubah sejauh mau mengubah.” katanya.

  1. Kesadaran diri bahwa anaknya ngga kecil terus.
    Dalam hal memahami, tentu kesadan seorang orang tuaa sangat diperlukan. Menurut Mona, orang tua harus menyadari bahwa suatu saat, anaknya akan berubah. Sifatnya sudah tidak seperti dulu waktu kecil. Bahwa mereka sedang beranjak.
  2. Kalau anaknya remaja berubah, dewasa berubah lagi
    Tidak hanya anak remaja saja yang berubah. Kelak ketika mereka memasuki masa dewasa, maka orang tua harus memahaminya setiap hari.
  3. Orang tua harus upgrade diri
    Gimana cara menghadapinya, kita perlu mindfulllness dan melatih kepekaan tubuh kita.
  4. Kesadaran anak dan orang tua  
    “Ya kita kan tumbuh bersama, belajar bersama. Maka hubungan yang terjalin antara anak dan orang tua ya ini,” pungkasnya.


    4 Tips ini pastinya lebih oke banget nih kalau bisa dterapin dalam mendidik anak. Apa lagi sekarang lagi #DiRumahAja. Stay safe ya, semua!
Tags : | | | |

BERITA TERKAIT