0

ALINEA – Saat pandemi corona atau Covid-19, penting bagi kita untuk melakukan berbagai tindakan pencegahan, termasuk menjaga jarak sosial, tetap tinggal di rumah, dan tidak menyentuh wajah kita bila berada di luar rumah lho Liners.

Namun, pola hidup yang tidak sehat dapat berdampak negatif bagi tubuh kita. Presiden Joko Widodo telah mengimbau agar masyarakat melakukan segala aktivitas dan menghindari keramaian. “Sekarang saatnya, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah,” ujar Jokowi.

Gaya hidup sehat  perlu diterapkan untuk menangkal virus corona covid-19 ini. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menerapkan etika batuk yang benar jadi upaya terbaik menghindari papaaran virus corona jenis baru.

Selain menjaga kebersihan tubuh, imunitas tubuh yang baik juga dapat mengusir virus corona dari tubuh kita. Berikut tips gaya hidup sehat yang perlu kita terapkan mulai dari sekarang Liners

  • Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Sayur dan buah merupakan jenis makanan yang harus ada setiap hari. Mengapa? Karena aneka buah dan sayuran segar mengandung sumber serat, berbagai vitamin, antioksidan serta mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Menurut The National Health and Medical Research Council (NHMRC) di Australia, setiap hari setidaknya kita mengonsumsi 5 jenis sayuran dan 2 jenis buah-buahan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, melancarkan sistem pencernaan, membantu meningkatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang dan gigi.

Fitokimia, atau senyawa kimia seperti beta-karoten yang terjadi secara alami pada tanaman, yang terkandung dalam sayuran dan buah, sangat penting untuk melawan berbagai jenis penyakit. Fitokimia biasanya terkait dengan warna, seperti:

– Hijau, berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh

– Kuning dan oranye mengandung berbagai antioksidan seperti vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid.

– Merah, mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

– Biru dan Ungu mengandung berbagai antioksidan yang melawan penuaan dini.

– Putih dan coklat mengandung fitokimia untuk kebugaran tubuh.

Tingginya serat alami dalam sayur dan buah menyebabkan proses metabolisme berjalan lancar. Sehingga proses pembuangan kotoran tubuh menjadi mudah. Kandungan serat dalam buah juga menghambat proses penyerapan gula dan lemak yang buruk dalam saluran cerna.

  • Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Sehingga semua manusia membutuhkan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup. Orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-8 jam. Sedangkan remaja membutuhkan 9-10 jam tidur dalam sehari

  • Menghindari stress berlebih

Merasa stres adalah bagian normal dari kehidupan kita. Anda bisa stres dari pekerjaan, studi, keluarga, hubungan, acara sosial dan banyak lagi, dan ini sangat normal.

Stres dapat digambarkan sebagai suatu kondisi di mana ada sejumlah besar tekanan emosional atau psikologis, frustrasi dan perasaan negatif lainnya, yang memengaruhi kesejahteraan emosional seseorang.

Makan makanan yang seimbang dan mengikuti diet yang sehat sangat membantu dalam mengatasi stres.  Atur diet Anda dengan banyak sayuran dan buah-buahan. Konsumsi makanan seperti almond, pisang, susu dalam diet Anda karena kemampuannya mengelola tingkat stres Anda.

Coba hindari makanan ringan bergula dan tambahkan ikan dengan kadar asam lemak omega-3 yang tinggi ke dalam makanan Anda, karena asam lemak omega-3 terbukti mengurangi gejala stres.

  • Menyempatkan diri berolahraga

Berolahraga tidak selalu berarti hanya berkeringat di gym atau studio yoga. Bisa jadi berjalan kaki singkat di sekitar kantor atau bahkan di sekitar rumah Anda di malam hari. Berolahraga melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hati yang membantu meningkatkan suasana hati Anda

Olahraga kecil bahkan dalam situasi stres dapat membantu menurunkan tingkat stres secara drastis. Hanya 20 menit berjalan kaki atau yoga setiap hari membantu mengurangi tingkat stres Anda dan meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan. 

Anda juga dapat melatih pikiran Anda melalui meditasi, yang membantu menjernihkan dan mengacaukan pikiran Anda.

  • Menghindari rokok dan alkohol

Hindari, konsumsi nikotin dan minuman apa pun yang mengandung alkohol dan kafein. Tukar minuman berkafein dan beralkohol dengan air putih, teh herbal, atau jus buah alami. Sudah menjadi sifat alami manusia untuk mengonsumsi depresan dan stimulan ketika pikiran terganggu.

Paparan asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Begitu juga dengan alkohol. Perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi paru, yang menjadi media yang diserang virus corona covid-19.

(Rani Widnadianti)

Rani Widnadianti

[INFOGRAFIS] Sensus Penduduk Diperpanjang

Previous article

COVID-19: DIY Tanggap Lindungi Ekonomi Warga

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle