Sebelum Lulus Kuliah, Ini 5 Hal yang Wajib Mahasiswa Lakukan

Kuliah

ALINEA – Halo Liners! Menjelang lulus kuliah masih bingung mau jadi apa ? Gak punya persiapan untuk terjun ke dunia kerja, bahkan gak tau mau nyiapin apa aja sebelum lulus kuliah. Terutama di masa pandemi seperti sekarang, persaingan untuk mencari pekerjaan semakin sulit.

Dikutip dari Republika, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek yaitu Wikan Sakarinto mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia turun 0,74% dibanding 2020, diikuti juga dengan menurunnya pertumbuhan industri. Sehingga industri yang menyerap tenaga kerja semakin selektif.

Akibatnya kita sebagai mahasiswa mulai merasa khawatir akan pekerjaan di masa depan. Meskipun perasaan seperti itu adalah hal yang normal, kita juga harus nih bagaimana cara menghadapinya. Berikut 5 hal yang harus kamu lakukan untuk persiapan sebelum lulus kuliah .

Menemukan Alasan Memilih Jurusan

Siapa nih yang ketika ditanya kenapa memilih jurusan ini, masih suka bingung mau jawab apa. Atau misalnya ada yang menjawab “Karena gak bisa perhitungan, makanya milih ilmu komunikasi aja biar gak ada matematika”. Secara tidak langsung, jawaban seperti itu seolah menjadikan pilihan kita yang sekarang bukan sebagai tujuan, tetapi sebuah pilihan yang muncul karena ketidakmampuan di bidang lain. Pemikiran seperti inilah yang sebenarnya harus diubah.

Yang paling penting adalah kita memilih jurusan ini karena memang sesuai kemauan dan keinginan kita untuk terjun di bidang itu. Ketika memilih jurusan kita sudah harus tau nih, alasan utama mengapa mengambil jurusan ini dan tahu kedepannya akan seperti apa. Jadi, kita sudah punya gambaran dan punya alasan utama untuk serius belajar di jurusan yang kita ambil.

Buat Daftar Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Jurusan

Setelah tahu dan paham dengan apa yang menjadi alasan kita memilih jurusan yang sekarang, kita  bisa cari tau nih berbagai macam profesi yang berasal dari pilihan jurusan kuliah kita. Lalu, buat daftar profesi apa saja yang kita inginkan setelah lulus kuliah. Dengan begitu, kita sudah bisa membuat rancangan tentang  pengetahuan dan keterampilan apa yang harus dikuasai untuk memenuhi kualifikasi profesi yang diinginkan.

Melatih Hardskill dan Softskill

Mungkin dari beberapa mahasiswa ada yang mengatakan “Aku gak punya bakat sama sekali, gak bisa public speaking , gak paham IT”. Tenang aja Liners, di Era sekarang perkembangan teknologi sangat pesat, kemudahan untuk mendapatkan informasi juga semakin meningkat. Jadi, kalian bisa belajar darimana saja dengan memanfaatkan internet dan juga mencari pengalaman dengan berorganisasi.

Hardskill serta softskill bisa dibentuk dan dilatih mulai sekarang, karena tidak ada kata terlambat kok untuk mulai belajar. Tentukan skill apa saja yang ingin kalian kuasai dan sesuai dengan tujuan kita kedepannya. Dengan begitu kita tidak akan bingung skill apa yang mau kita latih untuk persiapan setelah lulus kuliah.

Memperluas Relasi

Untuk masuk ke dunia kerja, relasi adalah hal yang sangat penting. Luasnya hubungan membuat kita semakin mudah untuk mendapatkan rekomendasi pekerjaan karena kita sudah membangun ruang lingkup yang luas dan menjalin hubungan baik dengan banyak orang. Sehingga orang akan mengetahui kualifikasi dan kompetensi kita dan apabila mereka membutuhkan orang untuk bekerja di perusahaannya, maka mereka sendiri yang akan langsung menghubungi kita.

Membuat CV yang up to date

Jika selama ini ada yang berpikir bahwa CV hanya untuk melamar pekerjaan, ubah mindset kalian mulai sekarang. CV bisa menjadi acuan kita untuk melihat sejauh mana aplikasi dan pengalaman yang dimiliki. Sehingga kita tahu kualifikasi dan kompetensi diri kita, lalu melihat seberapa cocok sih dengan profesi yang diinginkan.

Tunggu apa lagi liners, yuk mulai sekarang kita melakukan persiapan sebelum lulus kuliah. Jangan sampai setelah lulus baru bingung mau mencari pekerjaan dan dibidang seperti apa.

(ins/aa)

Tags : | | | | |

BERITA TERKAIT