·

Tetap Sehat Selama Puasa, Ini Caranya!

ALINEA – Selama puasa, tentunya setiap umat Muslim mengharapkan memiliki kondisi tubuh yang tetap sehat dan bugar agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Banyak akivitas umat Muslim yang menyesuaikan dengan kondisi di bulan Ramadhan. Umat Muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam. Hal ini membuat tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Selain itu, kegiatan ibadah di sepanjang malam dan bangun untuk menunaikan sahur membuat pola tidur menjadi tidak teratur.

Perubahan pola hidup tersebut tentunya berpengaruh terhadap kesehatan dan proses metabolisme tubuh. Tubuh tentunya akan merasa ‘kaget’ dan harus mengalami penyesuaian selama bulan Ramadhan. Oleh karena itu, dibutuhkan perlakuan khusus agar stamina tubuh tetap terjaga selama puasa. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar tetap sehat saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

1. Pola Tidur

Sumber: Pinterest

Setidaknya orang dewasa membutuhkan 8 jam waktu tidur setiap malamnya. Saat berpuasa, umumnya seseorang akan mengalami kurang tidur karena harus bangun sahur dan melakukan persiapan sebelum sahur. Oleh karena itu, sebaiknya tidur lebih awal di malam hari dan hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

2. Pola Makan Saat Sahur

Sahur memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan aktivitas di siang hari. Oleh karena itu, saat sahur dianjurkan untuk makan makanan tinggi serat serta menghindari makanan tinggi minyak. Makanan tinggi serat akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sedangkan makanan tinggi minyak akan menyebabkan kantuk di siang hari.

3. Pola Makan Saat Berbuka

Saat berbuka dianjurkan untuk makan makanan secara bertahap. Dimulai dengan mengonsumsi air putih dan sedikit makanan manis, seperti kurma dan buah-buahan yang mengandung tinggi air. Setelah itu, barulah mengonsumsi makanan berat. Jika langsung mengonsumsi banyak makanan sekaligus, membuat perut menjadi sesak.

4. Pola Minum

Sumber: Pinterest

Ketika berpuasa, tubuh rawan mengalami dehidrasi karena cairan dalam tubuh tidak tercukupi. Oleh karena itu, kebutuhan hidrasi tubuh perlu tetap dipenuhi dengan baik dengan cara minum air saat sahur dan berbuka. Pola minum selama puasa dapat dilakukan dengan pembagian 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara buka dan sahur, serta 2 gelas lagi saat sahur.

5. Olahraga

Meskipun sedang berpuasa, olahraga dan aktivitas penting dianjurkan untuk tetap dilakukan demi menjaga kebugaran tubuh. Sebaiknya lakukan aktivitas fisik yang ringan minimal 30 menit setiap harinya, seperti yoga, jalan kaki, dan stretching. Hindari olahraga endurance yang memerlukan daya tahan fisik dan kecepatan karena dapat menguras energi.

Penulis: Kufita Aprilia

Baca Juga: Yuk! Ngabuburit di 5 Pasar Ramadhan Populer Yogyakarta


 

Tags : | |

BERITA TERKAIT