· ·

Cerita Mandalika: Kecelakaan Fatal Akhiri Perjuangan Marc Marquez

Marquez Terlempar dari Motor Pada Moto GP Mandalika
Marc Marquez Terlempar dari Motor Pada Sesi Pemanasan Moto GP Mandalika

ALINEA – Insiden highside Marc Marquez di tikungan ke-7 pada sesi pemanasan Moto GP Mandalika pagi tadi berujung fatal. Meski masih sanggup berjalan usai terjatuh, Marquez langsung dilarikan ke Rumah Sakit Mataram dan menjalani pemeriksaan selama 2 jam.

Pembalap berjuluk “Ant of Cervera” pun harus dirujuk ke Barcelona untuk observasi lebih lanjut yang sekaligus mengakhiri petualangannya dalam menaklukkan Pertamina Mandalika Circuit.

“Tidak ada yang parah menyusul observasi beberapa jam ke depan, namun dokter sirkuit dan tim menyatakan Marquez tidak fit untuk balapan. Marquez akan kembali ke Barcelona untuk pemeriksaan lebih lanjut.” ujar Direktur Medis MotoGP, Angel Charte.

Pada kualifikasi pertama (Q1), Marquez yang berusaha menorehkan waktu terbaiknya terjatuh sebanyak dua kali di tikungan ke-12 & 13. Sebelumnya, Marquez juga sudah “mencium aspal” sirkuit Mandalika pada sesi latihan bebas ke-2, (Jumat,18/03/2022).

Sumber : twitter.com/@MotoGP

“Kami bukan di Spanyol, akan tetapi merasa sangat dekat. Kami merasa seperti balapan di rumah sendiri karena punya banyak penggemar. Saya sangat menantikan balapan pada Minggu. Semoga bisa memberikan hasil yang bagus untuk para penggemar semua,” ujarnya dilansir oleh Bola.com, Jumat (18/3/2022).

Marquez menempati posisi start ke-15 pada seri kedua Moto GP 2022 di Mandalika. Pemilik delapan gelar juara dunia berada satu strip diatas kompratiotnya, Pol Espargaro yang harus puas memulai balap dari posisi ke-16.

Sumber : tribunlombok.com/sinto

Absennya Marc Marquez pada ajang kembalinya Indonesia sebagai penyelenggara Moto GP setelah 25 Tahun tentu mengagetkan para penggemarnya di tanah air. Bahkan, pada Premium Grandstand Zona J sudah terpampang banner bertuliskan “”I’M OFFICIAL FANCLUB MARC MARQUEZ 93”.

Bukan kali pertama Marquez absen karena cedera, kecelakaannya pada seri pembuka Moto GP 2020 di Jerez, Spanyol membuat pembalap yang dulu dijuluki”The Baby Alien” mesti absen hingga akhir musim kompetisi.

Pada musim 2021, Marquez juga absen di seri pertama Losail (Qatar), Algarve (Argentina) dan seri penutup Moto GP 2021 di Valencia karena penyakit penglihatan ganda-nya (diplopia) kembali kambuh.

Honda Masih Belum Bertaji

Honda Racing Team tampaknya masih belum menemukan setelan yang pas bagi motor RC213V untuk menaklukkan Mandalik. Rekan setim Marquez, Pol Espargaro bahkan mengeluhkan produsen ban Michelin yang membawa carcass ban berusia 4 tahun dalam Moto GP Mandalika.

Michelin memang memutuskan untuk membawa carcass yang digunakan para rider  saat berlomba di Thailand pada 2018 dalam upaya mengatasi suhu panas di Pertamina Mandalika Circuit.

Michelin meyakini ban tersebut dapat memecahkan problem yang muncul selama tes pramusim MotoGP Mandalika Februari lalu lantaran cuaca yang dianggap tak berbeda jauh dengan di Buriram, Thailand.

Alhasil, Pol Espargaro harus puas finish di posisi ke-12. Sementara pembalap asal Portugal, Miguel Olivera (KTM) berhasil mencatatkan namanya sebagai pemenang Moto GP Mandalika yang pertama, disusul juara dunia tahun lalu, Fabio Quartararo (Yamaha) di posisi kedua, dan Johan Zarco (Ducati) di tempat ketiga.

Penulis : Adrian Pradnaditya

Tags : | | | | |

BERITA TERKAIT