·

Ketimpangan Pelanggan Fixed Broadband dan Kecepatan Internet Indonesia

Fixed Broadband dahulu memanglah hal yang identik mewah. Namun, sekarang tidak lagi. Hampir setiap rumah di Indonesia sudah memiliki layanan ini dengan berbagai merek penyedia layanan yang bisa dipilih sesuai perspektif masing masing konsumen.

Di Indonesia sendiri, terjadi peningkatan yang pesat dalam hal langganan Fixed Broadband yang terlihat jelas pada tahun 2006 dengan jumlah langganan 778.770 yang terus naik hingga 11.722.218 di tahun 2020.

Menurut data yang dirilis oleh International Telecomunication Union, pada tahun 2015 hingga 2018 pelanggan fixed broadband Indonesia ada dibawah Thailand. Namun, pada pertengahan 2018 hingga 2020 pelanggan fixed broadband Indonesia menyusul Thailand hingga berada di posisi kedua dalam langganan Fixed Broadband setelah Vietnam dengan jumlah 16.699.249 pelanggan.

Menariknya, negara-negara dengan pelanggan fixed broadband yang tinggi di Asia Tenggara ternyata malah memiliki koneksi internet yang rendah dan dibawah rata rata. Contoh nyatanya, Indonesia ada diposisi kedua pelanggan fixed broadband  tertinggi di Asia Tenggara dan malah ada di posisi kesembilan atau kedua dari bawah dalam hal kecepatan internet di Asia Tenggara.

Tags : | |

BERITA TERKAIT