Datangkan Arhan, Tokyo Verdy jadi Klub dengan Pengikut Terbanyak di Jepang

ALINEA– Pemain muda terbaik piala AFF 2020, Pratama Arhan resmi bergabung dengan klub kasta kedua liga Jepang, Tokyo Verdy secara bebas transfer pekan ini.

Arhan dijadwalkan berangkat ke Jepang usai melakoni laga perpisahan kala PSIS Semarang (klub yang membesarkan namanya) menghadapi Bali United pada Minggu (20/2/2022).

Instagram.com/japan_football__

Pemain asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah akan mengenakan nomor punggung 38 dan diproyeksikan melengkapi skuad tim yang pernah dihuni pemain sekaliber Givalindo Viera de Souza “Hulk” dan Kazuyoshi Miura “King Kazu” demi mengembalikan kejayaan di masa lalu.

Satu gelar Liga Champions Asia (1997), 7 gelar Liga Jepang (1983, 1984, 1986/87, 1990/91,1991/92, 1993 dan 1994), dan 5 gelar Piala Kaisar (1984, 1986/87, 1987/88, 1996, dan 2004) adalah bukti bahwa Tokyo Verdy tak bisa dipandang sebelah mata dalam skena sepak bola negeri sakura masa lampau.

Meski belum beraksi di lapangan hijau, “Arhan Effect” bagi klub yang bermarkas di Ajinomoto Stadium itu sudah mengalir deras.

Hal itu tercermin dari melonjaknya jumlah pengikut akun instagram resmi Tokyo Verdy dari 36 ribu ke 300 ribu followers saat tulisan ini dibuat.

Hanya dalam kurun waktu 2 hari, netizen Indonesia yang “ter-arhan-arhan” berhasil menjadikan Tokyo Verdy sebagai klub dengan pengikut terbanyak di Instagram.

Sebelumnya klub Liga Jepang dengan pengikut terbanyak dipegang oleh Vissel Kobe (280 ribu) yang diperkuat mantan gelandang Barcelona sekaligus penentu kemenangan Spanyol pada Piala Dunia 2010, Andres Iniesta.

Tanda-tanda Tokyo Verdy mengudeta puncak klasemen pengikut di Instagram sebenarnya sudah terlihat sejak 12 jam pertama usai peresmian Arhan. Kashima Antlers (125 ribu) dan Kawasaki Frontale (159 ribu) yang dihuni bintang Thailand sekaligus pemain dengan rekor transfer termahal, Chanathip Songkrasin berhasil dilewati dengan mudah.

Beli Pemain, Bonus Engagement

Instagram.com/pssi || 3 pemain tim nasional Indonesia, Asnawi (kiri), Egy (tengah), Witan (kanan) melakukan selebrasi usai mengalahkan Singapura pada semi final piala AFF 2020.

Fenomena “People Power” yang dilakukan warga +62 tentu bukan sebuah kebetulan. Hal yang sama juga terjadi pada saat kepindahan Egy Maulana Vikri ke FK Senica.

Kala itu pengikut FK Senica yang sebelumnya hanya berada di kisaran angka 10 ribu langsung melonjak jadi 50 ribu dan  kembali melonjak hingga 195 ribu sekaligus mengantarkan mereka menjadi klub dengan followers terbanyak di wilayah Ceko dan Slovakia usai mendatangkan Witan Sulaiman.

Kehadiran kapten tim nasional Indonesia, Asnawi Mangkualam ke klub kasta kedua liga Korea, Ansan Greeners juga menghasilkan hal serupa.


Ansan yang sebelumnya hanya memiliki 5000 pengikut kini berhasil menjadi klub Korea Selatan pertama yang memiliki lebih dari 100 ribu pengikut di Instagram.


Penulis: Adrian Pradnaditya
Editor: Ricky Setianwar

Tags : | | |

BERITA TERKAIT