Debat Capres Anies vs Ganjar Adu Gagasan Soal IKN

ALINEA – Debat perdana calon presiden  2024 digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di depan kantor KPU pada Rabu (12/12/2023). Dalam pemutaran debat pertama tersebut mengangkat topik seputar HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, pemerintahan, peningkatan pelayanan publik dan kerukunan warga.

Masing-masing calon presiden nomor urut 1, 2, dan 3 hadir dengan tim sukses masing-masing. Debat calon presiden kali ini tampak berbeda dengan format debat calon presiden yang dilaksanakan pada tahun 2019 lalu.

Debat capres 2024 di KPU pada rabu (12/12) Sumber Foto: Kantor Berita Antara/Galih

KPU memberi kesempatan untuk masing-masing calon presiden saling menanggapi gagasan satu sama lain. Berbagai pertanyaan dengan topik yang berbeda dijawab oleh setiap calon presiden . Termasuk pertanyaan seputar ibu kota baru yang akan dipindahkan di Ibu Kota Negara (IKN). Hal itu membuat Ganjar Pranowo bertanya kepada Anies Baswedan dalam sesi debat rabu (12/12/2023) kemarin.

“Dengan berbagai kondisi yang ada di Jakarta, mulai dari traffic jam, migrasi ,polusi. Saya ingin mengetahui statement yang clear dari Mas Anies, ketika kemudian Indonesia centeries itu dibangun, mimpi besar anak bangsa pada presiden sebelumnya dibangun untuk memindahkan ibukota dari Jakarta ke IKN” ujar ganjar.

Selengkapnya : Debat Capres 2024 Anies vs Ganjar Bahas IKN

Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Anies dengan menjelaskan secara tegas karena menyinggung soal IKN yang merupakan persoalan serius.

“Kalimantan itu urgent yang merasakan dari uang pemerintah itu rakyat. Sementara yang kita kerjakan hanya membangun tempat untuk aparat sipil negara bekerja bukan untuk rakyat dan bukan pusat perekonomian”, paparnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan diketahui mengkritisi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang dibangun pada masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dalam debat perdana juga terdapat 12 panelis yang berkompeten dibidangnya dari berbagai universitas di indonesia dan pengamat hukum.


Baca Juga :TikTok Shop Bakal Beroperasi Kembali Lewat Tokopedia di 12.12

Penulis : Adella Nur Aini

Editor : Aiko Putri Tanjaya

Tags :

BERITA TERKAIT