Indonesia Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

ALINEA, DKI Jakarta – National Olympic Committee (NOC) membawa misi khusus dalam gelaran Olimpiade 2020 di Tokyo untuk memperkuat kerja sama dan jaringan guna mewujudkan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari menyebutkan lewat ajang berkumpulnya komite Olimpiade, NOC Indonesia mulai mempersiapkan untuk berpartisipasi sebagai tuan rumah kualifikasi Olimpiade 2024 sebelum menuju tuan rumah Olimpiade 2036. 

Sumber: Detik

Hal ini bukan kali pertama Indonesia berjuang untuk menjadi tuan rumah Olimpiade, sebelumnya Indonesia mengajukan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Namun Komite Olimpiade Internasional (IOC) resmi menunjuk Brisbane, Austraia sebagai tuan rumah.

Brisbane sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang telah mengalahkan kota-kota di dunia termasuk Jakarta. Hasil ini sekaligus memupuskan harapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah di ajang tersebut.

Suasana pembukaan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8).
(Sumber: INASGOC/Rosa Panggabean)

Indonesia mengisi daftar calon tuan rumah Olimpiade 2036, setelah menganggap berhasil menjadi tuan rumah Asian Games tahun 2018 lalu. Namun, masalahnya sekarang Indonesia juga harus bersaing dengan negara-negara lain yang berminat mencalonkan diri.

Masih ada waktu sekurangnya empat tahun bagi Indonesia untuk mempersiapkan diri meningkatkan prestasinya dalam olahraga tingkat dunia, selain membangun lebih banyak fasilitas olahraga berstandar dunia.

Penulis: Salman Kamal
Penyunting: Ricky Setianwar

Tags : |

BERITA TERKAIT