Jelang Ramadan, Mesut Ozil Umumkan Pensiun!

ALINEA – Mesut Ozil baru saja mengumumkan pensiun dari sepak bola pada Rabu, 22 Maret 2023 melalui akun instagram dan twitter pribadinya. Gelandang legendaris asal Jerman itu mengatakan bahwa alasannya pensiun di usianya yang 34 tahun ini adalah karena cidera yang ia alami beberapa bulan ini. Dengan kondisi fisiknya saat ini, ia merasa kesulitan untuk terus berkompetisi di dunia sepak bola.

“Setelah pertimbangan yang begitu berat, saya mengumumkan pensiun dari sepak bola profesional. Saya mendapatkan keistimewaan menjadi pesepak bola selama 17 tahun dan begitu bersyukur atas kesempatan ini,” ujar Ozil di surat terbukanya di akun instagram @m10_official.

Sumber : Instagram/ m10_official

Di sepanjang karirnya baik pada liga domestik maupun laga internasional, Ozil mampu mencatatkan total 112 asisst, karena itulah ia dijuluki sebagai raja Asisst. Tidak hanya itu, dengan posisinya sebagai gelandang serang ia mampu mencetak 92 gol.

Ozil menutup karirnya di Basaksehir FK, salah satu club dari liga Turki dengan catatan yang kurang memuaskan. Ia hanya tampil 7 kali tanpa memberikan kontribusi gol bagi klub Instabul tersebut. Walaupun demikian, selama 17 tahun menjadi pesepakbola, Ozil memiliki catatan prestasi yang cukup memukau. Salah satunya menjadi juara dunia pada tahun 2014 megalahkan Argentina dengan skor 1-0.

Berikut adalah catatan prestasi Ozil sepanjang karirnya berdasarkan data dari tranfermarkt.com :

1. World Cup Winner (2014/2015)

Jerman mengalahkan Argentina di partai final Piala Dunia Brazil pada tahun 2014. Pada saat itu, Ozil mendapatkan penghargaan sebagai “Player of The Year” di Jerman.

2. La Liga Winner

Ozil bergabung di Real Madrid pada 17 Agustus 2010 dan di situlah namanya mulai besar dan prestasinya berkembang pesat. Ia menjadi juara La liga bersama Real Madrid pada tahun 2011

3. Copa Del Rey

Selain juara La liga, Ozil juga menjadi juara Copa Del Rey pada tahun 2010. Ia menjadi best asssist provider di Real Madrid sebanyak 4 kali.

4. English FA Cup Winner

Bersama Arsenal, ia memenangkan Piala FA sebanyak 4 kali pada tahun 2014, 2015, 2017, dan 2020. Arsenal adalah club paling lama yang ia bela yaitu selama 8 tahun sejak 2 September 2013 sampai 25 Januari 2021.

5. Community Shield Winner

Piala lain yang ia dapatkan bersama Arsenal adalah Community Shield. Ozil memenangkan piala ini sebanyak 2 kali di tahun 2015 dan 2016.

Baca juga : Gareth Bale Umumkan Pensiun, Berikut Catatan Statistiknya!

Penulis : Avisa Zerlina

 

Tags : | |

BERITA TERKAIT