News

KKN Online UNS Meningkatkan Kepekaan Mahasiswa

0

Alinea – Kuliah Kerja Nyata atau KKN adalah bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat sesuai bidang ilmu yang dipelajari pada waktu dan daerah tertentu.

KKN sendiri identik dengan pengabdian ke desa atau wilayah yang memenuhi syarat dan ditentukan kampus masing-masing. Dalam pelaksanaannya ada beberapa program, seperti program umum misalnya peringatan hari besar, pemberdayaan masyarakat, dan program khusus yang terkait tema besar suatu tim KKN.

Akan tetapi semenjak wabah Covid-19 ini menyebar, perkuliahan dialihkan serba online, tak terkecuali KKN. Universitas Sebelas Maret atau UNS juga melakukan hal sama, KKN dilakukan di lingkungan sekitar tempat tinggal mahasiswa secara individu. Menurut salah satu mahasiswa jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Suci Prasastiningsih menyatakan ada suka dan duka melakukan KKN Online ini.

“Sukanya ya KKNnya simple, fleksibel dan di rumahkan terus kalau dukanya tidak bisa merasakan KKN seperti biasanya” ujar Suci (23/06/2020).

Suci dan 500-an teman seperjuangannya juga harus merasakan kebijakan kampus yang mendadak dan ada perbedaan persepsi antar dosen dengan mahasiswa sehingga terjadi miskomunikasi. Walau banyak hambatan mahasiswa tingkat akhir ini mampu menyelesaikan tugasnya.

Contohnya Suci ini, mengambil tema “Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19” dimana memberi pemahaman tentang Covid-19 di Desa Ngiri Rt 01/ RW III, Ngemplak, Karangpandan, Karanganyar. Tema ini diambil karena keprihatinanya terhadap masyarakat di desanya yang minim informasi tentang Covid-19. Sistem KKN bisa online maupun offline, akan tetapi diutamakan dengan sistem online. Suci banyak menyebarluaskan edukasi mengenai Covid-19 di grup WhatsApp desanya. Sistem offline yang dilakukannya yaitu dengan menyediakan tempat cuci tangan dan poster edukasi tentang Covid-19.

“Terus kalo offline aku bagi ember cuci tangan di warung makan dan pos ronda disertai edukasi cuci tangan pakai sabunnya yang baik bagaimana. Terus juga aku nempelin poster edukasi pengenalan Covid-19 di rumah-rumah warga” ujar Suci ketika dihubungi melalui WhatsApp.

Walaupun KKN dilaksanakan secara online dan individu, tujuan utama dari KKN harus terlaksana, yaitu mengabdi serta mengedukasi masyarakat di daerah tersebut.

KKN Online yang dilakukan di lingkungan sekitar mahasiswa juga menumbuhkan kepekaan akan lingkungannya, simpati dan empati disertai aksi nyata akan memajukan lingkungannya dan menciptkan masyarakat madani. (Erna)

Erna Sulistyowati

Jubir Pemerintah Indonesia : 3 Area ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 saat New Normal

Previous article

Rasisme Kembali Menjadi Perbincangan di Media Sosial

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login/Sign up