KTT G20 Usai, Perang Ukrania Sempat Jadi Perdebatan

ALINEA – Acara KTT G20 yang dilaksanakan 15-16 November 2022 di Nusa Dua, Bali telah usai. KTT G20 Indonesia berhasil menghasilkan G20 Bali Leaders’ Declaration.

Dalam pembahasan deklarasi yang terdiri atas 52 paragraf itu para pemimpin negara menyepakati berbagai keputusan. Yaitu mengenai krisis keuangan, kebijakan pajak, penanganan ekonomi dan kesehatan pasca pandemi, serta isu lain termasuk perdagangan, iklim, dan pembangunan.

Perang Ukraina

Presiden Joko Widodo mengungkapkan dalam konferensi pers setelah menutup KTT G20 di Nusa Dua Bali bahwa pembahasan paling alot adalah mengenai perang di Ukrania.

“KTT G20 akhirnya menghasilkan deklarasi yang semula diragukan oleh banyak pihak. Terdapat 52 paragraf dalam deklarasi dan yang sangat diperdebatkan adalah penyikapan perang di Ukraina,” ujar Jokowi (16/11).

Para pemimpin G20 sangat menyesalkan invasi Rusia kepada Ukrania. Ditunjukkan dengan hasil suara mayoritas yang terdiri dari 141 suara negara setuju, 5 menentang, 35 abstain, dan 12 absen.

Sebagian besar anggota KTT G20 mengutuk dengan keras perang yang terjadi di Ukrania. Hal ini dikarenakan perang antara Ukrania dan Rusia menyebabkan berbagai kerugian.

Dijelaskan pada poin 3 deklarasi pemimpin G20 Bali bahwa kerugian yang didapatkan berupa penderitaan manusia yang luar biasa dan memperburuk ekonomi global, menghambat pertumbuhan, meningkatkan inflasi, mengganggu rantai pasokan, meningkatkan kerawanan energi dan pangan, dan meningkatkan risiko stabilitas keuangan.

Dalam isi deklarasi KTT G20 juga menyebutkan bahwa hukum internasional dan sistem multilateral sangat penting untuk ditegakkan guna menjaga perdamaian serta stabilitas.

“Menyadari bahwa G20 bukanlah forum untuk menyelesaikan masalah keamanan, kami mengakui bahwa masalah keamanan dapat memiliki konsekuensi yang signifikan terhadap ekonomi global.” Isi deklarasi G20 Bali, Rabu (16/11).

Dengan disahkannya keputusan mengenai Perang Ukrania ini, Presiden Joko Widodo mengungkapkan rasa leganya melalui pidatonya pada penutupan KTT G20 di The Apurva Kempinski, Bali.

“Sebagai Presidensi G20, Indonesia telah mengupayakan berbagai solusi terbaik selama satu tahun kepemimpinan. Alhamdulillah hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration.” Rabu (16/11).

Penulis : Elisa Shofi Farida
Editor : Indah Nur Shabrina

Baca juga : Cristiano Ronaldo vs Manchester United ?


 

Tags :

BERITA TERKAIT