Sports

Lewati Drama Adu Penalti, Liverpool Sukses Pesta di Istanbul

0

Alinea – Laga UEFA Super Cup yang berlangsung pada Kamis (15/8/2019) dini hari WIB ini mempertemukan juara Liga Champions dan juara Liga Europa, yaitu Liverpool dan Chelsea. Laga Ini adalah partai pertama antara dua klub Inggris yang bertemu di Piala Super UEFA, dan menandai kali kedelapan ajang ini untuk duel antar tim dalam satu negara.

Pertandingan ini juga mencatatkan wasit asal Prancis Stephanie Frappart sebagai pengadil laga. Frappart menjadi official wanita pertama yang mewasiti final kompetisi sepak bola pria UEFA.

Wasit Stephanie Frappart (Source: goal.com)

Laga berlangsung sangat dramatis pada babak pertama, jual beli serangan pun terjadi begitu sengit dari kedua tim. Akhirnya pada menit ke-36 Chelsea unggul lebih dahulu berkat gol Olivier Giroud memanfaatkan umpan terobosan Christian Pulisic. Chelsea nyaris menggandakan keunggulan lewat Christian Pulisic pada menit ke-40, namun wasit lebih dulu menganggapnya offside. Hingga turun minum, Liverpool tertinggal 0-1 dari Chelsea.

Selebrasi Gol Olivier Giroud (Source: Google.com)

Pada babak kedua, Liverpool yang tak mau kalah tampil lebih menekan. Jurgen Klopp sempat melakukan perubahan di awal babak kedua dengan memasukkan Roberto Firmino untuk menggantikan Alex Oxlade-Chambelain. Pergantian itu membuahkan hasil, karena pada menit ke-48 The Reds langsung menyamakan kedudukan lewat Mane, yang menerima assist manis dari Firmino  akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Skor 1-1- membuat jalannya pertandingan semakin menarik. Liverpool bermain lebih baik ketimbang di babak kedua, berkat masuknya Firmino. The Blues tetap mencoba menekan dengan serangan balik. Jual beli serangan terjadi hingga di sisa waktu normal. Pada menit ke-83, Chelsea sempat mencetak gol melalui Mason Mount, namum sayangnya gol ini dianulir wasit karena dia sudah berada dalam posisi offside saat menerima umpan. Skor bertahan hingga wasit meniup peluit berakhirnya babak ke dua, dan pertandingan terpaksa berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Sadio Mane Merayakan Golnya (Source: espn.com)

Di babak tambahan, pertandingan masih berjalan sengit.  The Reds terusmelakukan gempuran dari awal babak tambahan. Hasilnya mereka sempat unggul di menit ke-95 melalui gol kedua dari Sadio Mane yang lagi-lagi mendapat umpan dari Roberto Firmino melalui sentuhan cut-back nya. Liverpool unggul 2-1 dari Chelsea.

Sayangnya keunggulan The Reds tak bertahan lama, Chelsea memperoleh hadiah penalti setelah Adrian dianggap melanggar Tammy Abraham di dalam kotak terlarang. Jorginho yang menjadi eksekutor sukses melaksanakan tugasnya, sehingga skor kembali imbang menjadi 2-2 dan bertahan hingga wasit harus melanjutkan ke babak adu penalti.

Selebrasi Para Pemain Liverpool Merayakan Juara Uefa Super Cup 2019
(Source: uefa.com)

Liverpool akhirnya keluar menjadi juara Piala Super Eropa 2019 setelah menaklukkan Chelsea melalui adu tendangan penalti, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. Pada pertandingan di Besiktas Arena, Istanbul, Turki. Skuad Jurgen Klopp sukses membawa pulang trofi ini setelah melewati 120 menit dengan skor 2-2 dan unggul 5-4 setelah melakoni laga adu penalti. Kiper pelapis, Adrian San Miguel menjadi penentu kemenangan Liverpool dalam adu penalti, setelah eksekutor terakhir chelsea Tammy Abraham, gagal melewati Adrian. (Hamzah)

Hamzah Abdullah

Produksi “Ngeri” di Balik Film Makmum

Previous article

Dari Kerang Jadi Uang Ala Muhammad Irfan Ma’arif

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *