1

Alinea – 17 Agustus 2020, tepat 75 tahun sudah Indonesia merdeka. Peringatan ulang tahun kemerdekaan ke-75 kali ini tentu sangat berbeda dengan peringatan tahun sebelumnya. Bangsa Indonesia merayakan kemerdekaan ditengah pandemi Covid 19 yang hingga kini, masih melanda Indonesia dan dunia.

Biasanya, masyarakat Indonesia akan merayakan kemerdekaan dengan upacara, syukuran, hingga lomba-lomba meriah, yang diadakan di hampir seluruh penjuru negeri. Namun, di masa pandemi, perayaan besar-besaran sangat sepi, karena mengedepankan protokol kesehatan Covid 19.

Upacara yang dilakukan di Istana Negara, juga tidak semeriah biasanya, hanya beberapa tokoh penting negara yang datang. Presiden Jokowi beserta Wakil Presiden Ma’ruf Amin, serta beberapa pejabat negara lainnya.

Upacara digelar terbatas, minimalis, namun tetap khidmat, tanpa menghilangkan euforia kemerdekaan Indonesia. Tamu undangan yang biasanya memenuhi istana, kini terhubung melalui media, alias mengikuti upacara secara virtual.

Terbatasnya perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 ini, tidak boleh menurunkan semangat kita, untuk tetap memaknai arti kemerdekaan dan membela negara.

Saat ini Indonesia masih berperang melawan Covid 19, lalu apa peran kita, sebagai masyarakat untuk membela negara di masa pandemi?

Banyak sekali cara bela negara dimasa pandemi ini, salah satunya adalah mengikuti arahan-arahan yang dianjurkan oleh pihak kesehatan, mengenai protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

Kesadaran kita untuk sebisa mungkin, waspada terhadap Covid 19, dengan mengikuti protokol yang berlaku, maka kita bisa menjadi bagian masyarakat Indonesia, yang turut berusaha mencegah penyebaran virus Covid 19. Kita juga bisa meringankan, beban para tenaga medis, yang merupakan pahlawan di masa pandemi.

Tak hanya tenaga medis, semua orang dari sektor-sektor yang terdampak pandemi, juga berjuang untuk tetap bertahan hidup, di tengah krisis yang terjadi saat ini.

Sebagai warga Indonesia yang taat sudah sepatutnya kita turut serta bela negara kita, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Covid 19 di Indonesia. Terus semangat berkarya, walaupun keadaan yang sangat terbatas, dan krisis yang belum menemukan jalan keluarnya.

Target kita saat ini bukan hanya lepas dari pandemi, bukan hanya keluar dari krisis. Langkah kita adalah melakukan lompatan besar memanfaatkan momentum krisis yang saat ini sedang terjadi.

Krisis memberikan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan, untuk melakukan lompatan transformasi besar, dengan melaksanakan strategi besar. Mari kita pecahkan masalah fundamental yang kita hadapi. Kita lakukan lompatan besar untuk kemajuan yang signifikan.” Ungkap Presiden Joko Widodo, dalam Pidato Kenegaraan di depan Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPD, Jumat (14/8/2020) pagi.

(Rahma Fauziah)

Tertarik Menjadi Barista Paruh Waktu? Pahami Hal Dasar Ini!

Previous article

Berwisata Religi di Yogyakarta

Next article

You may also like

1 Comment

  1. terima kasih informasinya dan salam sukses

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News