Pencetus ‘Copy, Cut, Paste’ Larry Tesler Meninggal Dunia

Larry Tesler, pencetus fitur copas meninggal di usia 74 (Wikimedia/Creative Commons)

ALINEA – Liners pasti tak asing lagi dengan fitur komputer copy, cut dan paste yang ada disetiap perangkat baik itu komputer maupun smartphone.

Fitur ini mempermudah pekerjaan di komputer dengan menyalin, memangkas dan meletakkan file yang ada.

Namun kabar duka datang dari pencetus fitur yang dikenal banyak orang sebagai copas ini.

Seorang pencetus fitur komputer “copy/cut dan paste“, Lawrence Larry” Tesler meninggal dunia pada usia 74. Kabar duka Larry disampaikan lewat akun twitter milik perusahaan Xerox, pada rabu (19/2/2020).

Dilansir dari Aljazeera.com, Tesler pernah bekerja di perusahaan penyedia perlengkapan kantor, percetakan digital dan fotokopi Xerox, tempat dia memulai karirnya.

“Pencetus cut/copy dan paste, find & replace, dan masih banyak lagi adalah Larry Tesler, mantan peneliti Xerox,” kata perusahaan Xerox seperti yang alinea kutip, kamis (20/2).

Fitur copy/cut dan paste oleh Tesler terinsipirasi dari cara pengeditan kuno yang memindahkan atau memotong bagian dari teks cetak dan menempelkannya di tempat lain dengan perekat. Kala itu Tesler masih bekerja di Xerox pada tahun 1973.

Copy/cut dan paste kemudian dipopulerkan pada tahun 1983 saat Tesler bekerja dibawah nama Apple. Tesler direktrut oleh co-founder Apple, Steve Jobs.

Memasuki debut komputer Lisa dan Macintosh milik Apple pada tahun 1983. Apple memasukkan fitur cetusan Tesler kedalam perangkat lunak atau software milik mereka.

Namun sebelum itu, pada tahun 1981, Apple melengkapi fitur copy/cut dan paste dengan fitur pembatalan “undo“. Fitur-fitur ini juga diadopsi Microsoft kedalam sistem operasi Windows milik mereka.

Tesler menghabiskan 17 tahun bekerja di Apple, menjabat sebagai kepala ilmuan. Setelah lepas dari Apple, Tesler juga sempat menjabat sebagai wakil presiden Amazon.com, dan Yahoo

Tesler kemudian mendirikan perusahaan berbasis startup untuk menyebarkan ilmu komputer kepada anak-anak muda di amerika.

(Faiz)

BERITA TERKAIT