News

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Manajemen Produksi Berita STMM Yogyakarta dilaksanakan secara Daring

0
Foto : Proses pelatihan secara daring / Nunuk Parwati
Dosen Manarita dalam Pengabidan Kepada Masyarakat

Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan rasa saling berbagi ilmu dan pengalaman melalui pelatihan daring menulis berita untuk media online.

Kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi oleh para dosen Manajemen Produksi Berita (Manarita) terbagi dua kelompok dalam pelaksanaanya, yakni pada hari Sabtu tanggal 16 Mei dan hari Minggu tanggal 17 Mei.

Sasaran peserta adalah para siswa SMA sederajat dari Yogyakarta dan Semarang, Jawa Tengah.

Pengabdian kepada masyarakat ini bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman mengambil tema Menjaga kebersihan lingkungan di tengah Pandemi Covid-19.

Para peserta mendapatkan pembelajaran tentang jurnalistik online, cara menulis berita, etika jurnalistik, undang-undang ITE dan foto jurnalistik.

Evaluasi praktik, Foto : Nunuk Parwati

Pelatihan selama satu hari ini diisi dengan praktik menulis berita yang dibagi dalam beberapa kelompok. Dalam praktik menulis berita peserta diharuskan memperhatikan kaidah  jurnaslitik, dan undang-undang ITE karena akan dimuat di media sosial peserta.

Foto untuk melengkapi berita harus taat pada etika jurnalistik, selain artistik dan gambar harus bisa berbicara, sinkron dengan naskah beritanya.

Ketua Program Studi Manajemen Produksi Berita Drs. Basirun, M.Pd mengatakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang menjadi kewajiban para dosen harus tetap dilaksanakan kendati terbatas dari rumah masing-masing.

Para peserta diharapkan menjadi jurnalis warga dan mampu berkarya, meliput, dan menulis berita tentang apa yang ada disekitar rumah peserta.

Pemateri kelompok 1, Foto : Nunuk Parwati

Pemateri dalam pelatihan kelompok I meliputi para dosen diantaranya, Nunuk Parwati, Siti Sarifah, Sinto Dwirawati, dan Darjito serta mahasiswa Prodi Manarita Ara dan Devi. (Nunuk Parwati)

Nunuk Parwati

Sidang Isbat 1 Syawal Akan Digelar Kemenag Jumat, 22 Mei 2020

Previous article

Hari Buku Nasional : Tingkatkan Literasi dengan iPusnas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News