LifestyleNews

Hari Buku Nasional : Tingkatkan Literasi dengan iPusnas

0

Howdy, Liners! 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional sekaligus momentum berdirinya Perpustakan Nasional Republik Indonesia. Oya, kapan terakhir kali Liners ke perpustakaan? Dan, sejauh ini sudah berapa buku yang Liners berhasil baca?

(Dok.perpusnas.go.id)

Adakah disini Liners yang sudah menginstal aplikasi iPusnas? Yup, iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital (ePustaka) yang dimiliki oleh Badan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang bekerjasama dengan Aksaramaya sebagai pengembang aplikasinya. iPusnas sendiri telah dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook. Dengan fitur-fitur media sosial, Liners! dapat menjalin pertemanan, saling berkirim pesan dan komentar dengan pembaca atau pengguna lain. Keren banget!

Mungkin beberapa dari kita baru dengar ya, Liners! Eitss, tapi iPusnas sendiri sudah diluncurkan sejak 2016 lalu, loh! Nah, bagi Liners! yang belum memiliki aplikasi ini, dapat langsung mengunduh secara gratis di PlayStore ataupun AppStore dan bisa menikmati beragam fitur yang ditawarkan iPusnas.

Koleksi buku yang tersedia pun sangat beragam. Seperti di perpustakaan sungguhan, ribuan judul buku tersebut juga dikelompokkan dalam puluhan genre, diantaranya biografi, budaya, anak, bahasa, bisnis dan ekonomi, humaniora, fiksi, novel, gaya hidup, psikologi, sejarah, hingga komik dan masih banyak lagi! Seru banget, kan?

(Dok. ipusnas.id)

Dalam aplikasi ini terdapat fitur yang terbilang lengkap. Mulai dari kategori buku yang berisi ribuan judul buku didalamnya, hingga kategori ePustaka yang terdiri dari koleksi eBook dari orang-orang atau institusi tertentu. Terdapat pula, menu Feed iPusnas, notifikasi pribadi, hingga Rak Buku yang berisi daftar buku yang sedang Liners! pinjam. Pun saat kita meminjam buku, seperti halnya secara langsung yang membedakan iPusnas dilakukan secara digital.

(Dok. fakta.news)

Dalam iPusnas, maksimal pinjam 3 buku selama 3 hari, jika kita tidak kembalikan, buku otomatis akan kembali ke koleksi. Penting diperhatikan nih, Liners! Meski jumlah judulnya ribuan tapi salinannya terbatas, jadi apabila eBook habis dipinjam maka kita akan masuk daftar antri peminjam dan baru bisa meminjamnya jika pengguna lain telah selesai masa pinjam. Jadi, harus sabar ya! Eits, tapi jangan khawatir, iPusnas akan memberi tahu Liners! melalui menu notifikasi.

(Dok. twitter/ipusnas_id)

Dan yang paling penting, dalam iPusnas kita bisa membaca buku secara legal. Karena dikelola menggunakan sistem DRM atau Digital Rights Management yang menjamin setiap karya cipta terlindungi dari pembajakan sesuai UU Hak Cipta. Saling menguntungkan, kan?

Nah, kalau melihat kemudahan dan manfaatnya, Liners! Nggak ada ruginya kan kalau aplikasi ini berada digenggam kita? Langsung aja yuk, unduh aplikasi iPusnas di smartphone maupun desktop. Dan temukan buku favorit Liners! Salam Literasi! (Lia)

Rizki Liasari

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Manajemen Produksi Berita STMM Yogyakarta dilaksanakan secara Daring

Previous article

TIPS JAGA KULIT TETAP SEHAT SAAT PUASA #DIRUMAHAJA

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle