News

Peringatan G30S/PKI: Bendera Setengah Tiang

0
Peringatan G 30 S/PKI, Kibarkan Bendera Setengah Tiang (Dok. kompas.com)

ALINEA – 30 September, di Indonesia diperingati  sebagai peristiwa G30S/PKI (Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia) yang tercatat dalam sejarah.

Ada berbagai cara yang dilakukan masyarakat guna memperingati peristiwa ini. Mulai dari memutar ulang film G30S/PKI atau sekedar mengingat perjuangan para pahlawan yang gugur.

Peringatan di masa pandemi ini, tagar #G30SPKI pun menjadi trending. Tak sedikit warganet yang melakukan kilas balik tentang peristiwa tersebut serta mendoakan para pahlawan yang gugur.

Peringatan lainnya dilakukan dengan mengibarkan bendera setengah tiang, seperti bendera yang berkibar di Istana Kepresidenan Jakarta dan Gedung DPR.

Dilansir dari detikcom, Rabu (30/9/2020) bendera setengah tiang tampak berkibar di halaman utama gedung DPR Senayan Jakarta, tepatnya di depan Gedung Kura-Kura (KK). Bendera setengah tiang juga berkibar di tiang bendera yang terletak di depan gedung Kesetjenan DPR RI.

“DPR, kemudian di kantor-kantor instansi pemerintah memang sudah tradisi setiap tahun itu pada tanggal 30 September memperingati terjadinya G30S/PKI,” ucap Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad

Selain itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meminta instansi pusat dan daerah serta seluruh masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2020. Sedangkan esok hari, bendera dikibarkan satu tiang penuh.

Anjuran itu tertuang dalam surat edaran penyelenggaraan upacara peringatan hari kesaktian Pancasila tahun 2020. Surat edaran ini juga ditandatangani Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim .

“Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2020 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan tanggal 1 Oktober 2020 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh,” demikian isi surat edaran tersebut.

(Dian Hastuti)

Dian Hastuti

Asah Soft Skill dan Hard Skill Selama Pandemi

Previous article

Berkoleksi Tanaman Hias: Alternatif Hobi Baru

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login/Sign up