Lifestyle

Berkoleksi Tanaman Hias: Alternatif Hobi Baru

0

ALINEA – Tanaman hias saat ini bukan sekadar untuk mempercantik pekarangan, melainkan sudah seperti hobi yang menjadi gaya hidup. Bagi pecinta tanaman hias, merawat dan mengoleksi tanaman bisa menjadi kesenangan tersendiri yang dapat mengisi waktu luang dan menghilangkan stres.

Buat Liners para pecinta tanaman hias, mungkin ada beberapa tanaman yang dapat Alinea sarankan untuk Liners rawat. Selain menjadi koleksi dan mempercantik pekarangan, tanaman ini bisa Liners budidayakan dan menjadi penghasilan tambahan. Berikut beberapa tanaman yang dapat Liners koleksi.

Aglonema

tanaman hias aglomera
Tanaman Aglonema (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Aglonema atau tanaman Sri Rezeki merupakan salah satu tanaman hias yang berbentuk seperti talas. Memiliki nama lain Chinese Evergreen, Aglonema hampir memiliki jenis sebanyak 30 spesies.

Tanaman ini dapat ditanam di sekitar rumah karena mudah dirawat dan tidak bisa berada di tempat yang bersuhu di bawah 16 derajat. Menurut penelitian, tanaman ini bisa menjadi salah satu penghilang polutan rumah tangga. Harga Aglonema yang memiliki kualitas baik bisa berkisar 150 ribu rupiah hingga 1,5 juta rupiah. Harga itu tergantung dari ukuran dan jenis yang dijual sehingga sangat menarik untuk dibudidayakan.

Lidah Mertua

tanaman hias lidah mertua
Salah satu jenis Lidah Mertua (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Lidah Mertua, atau yang memiliki nama ilmiah Sansiviera merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer. Tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang minim cahaya dan sedikit air. Ciri khas Lidah Mertua adalah memiliki bentuk yang runcing di ujungnya, berdiri tegak, dan daunnya sedikit keras.

Beragam manfaat dimiliki tanaman ini seperti penghilang polusi udara, menyerap gas CO2, dan dapat mengurangi alergi udara di dalam ruangan. Jika Liners tertarik untuk mengoleksinya, tanaman ini dengan kualitas terbaik dapat dijual hingga kisaran 1,5 juta.

Janda Bolong

tanaman hias janda bolong
Tanaman Janda Bolong (Sumber : Kompas.com)

Monstera atau yang dikenal juga dengan tanaman Janda Bolong merupakan salah satu tanaman yang unik, di mana daunnya memiliki lubang di tengahnya. Karena hal itu, membuat pesona tersendiri dibandingkan dengan tanaman hias lainnya.

Janda Bolong dijuluki dengan “Keju Swiss” karena memiliki banyak lubang di daunnya. Dengan hal itu, membuat tanaman ini menjadi mudah dirawat dengan syarat tidak terlalu banyak terkena sinar matahari dan air. Tanaman ini memiliki harga yang sangat fantastis di pasaran bahkan hingga ratusan juta rupiah tergantung jenis, ukuran, dan jumlah helai daun.

Bougenville

Salah satu jenis Bougenville (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Bougenville atau Bunga Kertas merupakan tanaman yang memiliki bentuk pohon kecil, namun dengan bunga yang sangat banyak. Keindahan utamanya berasal dari seludang bunganya yang rimbun dan memiliki warna yang cerah serta terasa segar dipandang oleh mata.

Perawatan Bougenville juga tidaklah sulit, hanya dengan penyiraman air, pemupukan yang tepat, serta pemotongan secara berkala pada bagian pohonnya, sudah dapat membuat tanaman ini terlihat sangat cantik. Di pasaran, memang harga Bougenville terbilang murah, namun jika kita pandai merawat dan membentuk bunga Bougenville, bisa dipastikan dapat menaikkan harga pasaran.

Baca juga: Ragam Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

Bonsai

Bonsai Adenium (Sumber : shutterstock.com)

Tanaman Bonsai merupakan tanaman yang dikerdilkan ke dalam pot dengan bentuk yang sama dengan bentuk pohon asli yang besar. Beberapa tanaman sebenarnya bisa juga untuk dijadikan sebagai Bonsai. Butuh waktu dan kesabaran lebih dalam melakukan penanaman dan perawatan terhadap tanaman Bonsai. Karena dalam membentuk pohon yang sesuai dengan keinginan, dibutuhkan waktu yang lama dan perawatan yang tidak sedikit dan intens.

Popularitas Bonsai pun seperti tidak perna redup, karena tanaman yang ditumbuhkan biasanya sangat unik dan dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Pada Bonsai, semakin unik tanaman, maka semakin mahal juga harga jual Bonsai tersebut. Hal itu juga sebanding dengan setiap perawatan yang dilakukan.

(Zaky Makarim)

Zaky Makarim

Peringatan G30S/PKI: Bendera Setengah Tiang

Previous article

Serah Terima Jabatan Alinea Periode 2020 – 2021

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login/Sign up