News

PUTARAN LAYAR FFM 2020

0
Logo Putaran Layar FFM 2020
Logo Putaran Layar FFM 2020

ALINEA – Forum Film MMTC (FFM) telah menggelar welcome screening dengan tajuk “Putaran Layar FFM: Memories of Cinema” pada tanggal 30 Oktober sampai 1 November 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan FFM kepada mahasiswa baru STMM dan kepada khalayak umum.

Walaupun welcome screening tahun ini dilaksanakan secara online, tidak menjadi halangan bagi para penggemar film untuk memeriahkan pemutaran dan diskusi film yang dibuat oleh sineas-sineas berbakat dari STMM “MMTC” Yogyakarta.

Ada tiga genre film yang ditayangkan selama 3 hari, yaitu hari pertama film genre drama, hari kedua film genre dokumenter, dan hari ketiga film genre horor. Masing-masing genre menayangkan tiga judul film.

Hari pertama dibuka dengan tema “Detik per Detik Membangun Nuansa”, artinya penonton akan diajak masuk kedalam cerita dan merasakan emosi yang dibangun dari waktu ke waktu. Sehingga penonton akan merasakan nuansa yang berbeda setelah menonton.

Judul-judul film yang ditayangkan adalah ‘Titip Absen’ karya Fahrizal Dicktian Rifaldy, ‘Coffetalk’ karya Shidiq Kurniawan, dan ‘Bahagian’ karya Muhammad Fadil Hilmi. Ketiga film ini sukses membawakan alur yang dapat menyentuh hati penontonnya.

Sesi Dikusi melalui ZOOM

Kemudian di hari kedua, mengusung tema “Panggung Sang Puan”, dimana penonton akan diajak untuk memahami perspektif wanita dalam memperjuangkan kehidupannya dan hal-hal lain yang tak sempat terungkap kepada masyarakat.

Beberapa film dokumenter yang diputarkan adalah ‘Sore’ karya Ain Naya Fatiah dan Baiq Nabila Tazkya, ‘Praise or Degrade’ karya Adelia Ayu R. Putri, dan ‘Dua Dalam Satu’ karya Aji Permana. Pentingnya masyarakat untuk lebih memperhatikan isu yang terjadi di lingkungannya berhasil tersampaikan dalam karya-karya dokumenter ini.

Selanjutnya untuk penutupan, tema yang dibawakan adalah “Titik Balik Arah Pandang”, artinya penonton akan diajak melihat kebelakang sebelum akhirnya bertemu perjumpaan. Memandang bagaimana waktu telah merangkai seluruh cerita hingga penonton bisa sampai di titik ini.

Momen itu sukses diwujudkan oleh penayangan 3 film, mulai dari ‘Singsot’ oleh Aisyah Amaliah sebagai produser, ‘Kelon’ oleh Muhammad Lingga Pangestu sebagai produser, dan ‘Banyu’ oleh Mika Wahyu sebagai penulis naskah.

Forum Film MMTC telah menyelenggarakn acara welcome screening sejak tahun 2015. Acara ini menjadi wadah berkumpulnya seluruh karya sineas-sineas hebat yang patut untuk diapresiasi dan menjadi sumber inspirasi bagi para pecinta film. Dengan begitu, karya-karya ini akan terus hidup mewarnai kehidupan kita.

Board Game Seru dan Penuh Strategi Ala Alinea

Previous article

Umroh Kini Resmi Dibuka Kembali oleh Pemerintah Indonesia!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News