Lifestyle

Board Game Seru dan Penuh Strategi Ala Alinea

0
Dok. Juara.Net 0 BolaSport.com

ALINEA – Memasuki akhir pekan, ada saja kegiatan yang ingin kita lakukan. Daripada Liners bingung atau bahkan terlanjur hanya memilih tidur, bagaimana kalau memainkan board game?

Board game atau seperti artinya yaitu permainan papan bisa Liners mainkan kapan saja dan di mana saja. Liners hanya perlu mengajak saudara atau teman untuk ikut bermain. Board game kala ini bahkan terdapat versi digitalnya, sehingga bisa dimainkan seorang diri.

Terdapat banyak sekali jenis board game yang ada. Berikut Alinea rekomendasikan 3 board game yang bisa dimainkan di rumah aja.

1. Monopoly: seru, namun membutuhkan banyak strategi

Monopoly versi digital (Dok. CrazyPoly – Dokumen pribadi)

Siapa sih yang tidak kenal dengan board game satu ini? Walau terkesan sulit untuk dimainkan, nyatanya banyak yang menyukai permainan satu ini. Untuk dapat memainkannya, tentu saja dibutuhkan minimal 2 pemain. Bagi Liners yang berjiwa pebisnis atau tertarik dengan bisnis, bermain Monopoly tentu akan terasa menyenangkan.

Permainan ini mengharuskan pemain untuk menjual beli properti. Properti tersebut bisa berupa tanah, rumah, stasiun, dan sebagainya. Liners harus berhati-hati agar tidak mengalami kerugian. Caranya bisa dengan menjual properti, menggadaikan tanah, atau meminjam kepada bank. Jika mengalami kerugian dan tidak dapat menutupinya, maka Liners akan dinyatakan kalah.

Walau tergolong rumit, namun nyatanya tidak menjadikan Calyptra–salah satu mahasiswa Desain Teknologi Permainan STMM YK merasa harus bersikap kompetitif. Setelah berbincang dengan Alinea tadi pagi, ia berkata bahwa keberuntungan adalah hal yang disukainya dari Monopoly, dan tidak merasa bahwa Monopoly bisa berguna di kehidupan nyata. Alasannya, karena ia tidak terlalu mempermasalahkan harta.

2. Scrabble: bermain sekaligus belajar Bahasa Inggris

board game scrabble
Offline Scrabble (Dok. Scrabble Word Finder – YourDictionary)

Bagi yang tengah mempelajari Bahasa Inggris, bermain Scrabble bisa menjadi alternatif pilihan. Sama seperti Monopoly, dibutuhkan paling sedikit 2 orang pemain.

Cara bermainnya bisa dikatakan sulit jika kosakata Bahasa Inggris Liners masih minim. Apalagi, jika lawan main Liners termasuk yang pandai berbahasa Inggris. Tapi, jangan risau! Justru di sinilah tantangannya; semakin sulit, semakin banyak kosakata yang Liners pelajari.

Di Indonesia, Scrabble mulai sering dijadikan kompetisi loh. Dalam kompetisinya, dibutuhkan durasi dalam memainkan Scrabble. Tiap pemain mendapatkan total waktu sesuai yang ditentukan, lalu berusaha sebaik mungkin untuk tidak menghabiskan semua waktunya.

Baca juga: Asah Soft Skill dan Hard Skill Selama Pandemi

3. Catur: board game yang menjadi olahraga internasional

board game catur
Catur (Dok. Wikipedia)

Masih dengan permainan yang membutuhkan strategi, kali ini ada Catur. Tentunya, permainan ini sudah tidak asing lagi di masyarakat. Bahkan, Catur termasuk sebuah olahraga loh, dan sudah dipertandingkan di berbagai kejuaraan internasional!

Cara bermainnya, Liners perlu menjalankan tiap bidak sesuai dengan arah pergerakannya, dan juga sesuai giliran. Jika ingin menjalankan bidak Raja, maka hanya bisa digerakan sejauh 1 kotak, namun bisa mengarah ke mana saja.

“Kalau bidaknya, saya suka Queen dan Kuda,” tutur Alif Ilmadia, mahasiswa Akuntansi di Universitas Pembangunan Nasional Jakarta saat berbincang dengan Alinea tadi pagi. “Saya suka Kuda karena dia tricky. Orang kalau main Catur enggak bakal terlalu fokus sama Kuda, tapi sebenarnya dia bisa bikin gerakan yang bikin lawan tiba-tiba terpojok cuma dengan sekali atau dua kali gerak. Kalau Queen, saya suka buat nyerang. Lebih enak buat eksekusi.” Alif Ilmadia diketahui menyukai permainan Catur ini.

Setelah Alinea paparkan ketiga board game tersebut, Liners sudah menentukan pilihan? Hari-harimu di rumah aja jadi tidak membosankan deh dengan bermain board game!

(Pinky Nur Azizah)

Pinky Nur Azizah
Juga dikenal sebagai Pinky N.A. Mahasiswi Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta jurusan Penyiaran, prodi Manajemen Produksi Siaran (Manaprodsi). Menulis supaya bisa mengajarkannya pada orang lain dan sebagai kebutuhan pribadi, serta menekuni berita online untuk mengasah kemampuan dan menambah pengalaman.

Menilik Wisata Bernuansa Menenangkan, Grojogan Kapuhan

Previous article

PUTARAN LAYAR FFM 2020

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle