0
Silaturahmi Virtual (Foto : KOMPAS.COM)

Alinea – Hai Liners ! bagi kalian yang berniat mudik saat momen lebaran, tunda dulu ya tahun ini. Lebaran tahun ini akan terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena masyarakat diharuskan untuk tetap berada di rumah demi memutus rantai penyebaran Covid19. Jika biasanya Lebaran menjadi momen untuk berkumpul dengan keluarga besar dan mengunjungi kerabat serta sahabat, tahun ini tradisi tersebut tidak bisa kita lakukan.

Tapi jangan sedih ya Liners ! di era digital seperti saat ini kalian bisa mengganti konsep silaturahmi fisik itu dengan cara virtual. Ikuti tips silaturahmi virtual berikut ini yang dijamin bakal seru dan anti sepi.

  • Video call dengan keluarga besar

Lebaran adalah waktu yang tepat untuk saling bersilaturahmi dengan keluarga besar. Biasanya, keluarga besar akan datang ke rumah orang tua untuk berkumpul bersama. Namun, karena pandemi virus corona, momen kumpul keluarga akan sulit terealisasi.

Nah, untuk mengatasi keterbatasan tersebut, kalian bisa menggantinya dengan melakukan video call bersama-sama. Adapun banyak aplikasi video call yang bisa dimanfaatkan, seperti WhatsApp, Line, Zoom, Skype, dan Google Hangouts.

  • Makan virtual bersama

Lebaran juga identik dengan makan makanan khas kampung halaman. Supaya hari kemenangan makin berwarna, kalian bisa mengajak keluarga besar untuk makan bersama secara virtual. Selain dapat mengobati rasa rindu, kalian juga memanfaatkan momen ini untuk saling bermaafan.

  • Nonton film bersama

Melansir Kompas.com, Rabu (6/5/2020), menonton film favorit bisa pula jadi alternatif sebagai ajang silaturahmi virtual biar tidak monoton. Sekarang ini, kalian bisa mengatur acara menonton film bersama, meski kamu dan teman atau keluarga tidak sedang dalam satu lokasi. Kalian bisa menggunakan ekstensi Netflix Party di browser Google Chrome atau menggunakan aplikasi Discord. Lewat dua cara ini, kalian bisa menonton film bersama selayaknya menonton di bioskop.

  • Main game online

Kegiatan ini mungkin akan digemari oleh anak-anak dan remaja. Namun, tak ada salahnya untuk mengajak serta orangtua dan kakek atau nenek bermain game online bersama. Pilih game yang bisa dimainkan untuk semua umur, misalnya hago.

  • Karaoke Bersama

Selain menonton film, karaoke bersama secara virtual juga patut dicoba. Kalian bisa menggunakan aplikasi karaoke, seperti Smule. Perlu diketahui, Smule hanya menyediakan fitur untuk berduet saja. Bila ingin berkaraoke lebih dari dua orang, kalian bisa menggunakan platform Watch2Gether. Sejatinya, platform ini biasa digunakan untuk menonton video bersama-sama. Namun, tetap bisa dimanfaatkan untuk berkaraoke bersama.

 (Dika Pradana)

Dika Pradana

KONSER AMAL, BUKTI KEKUATAN MUSISI DI TENGAH PANDEMI

Previous article

Dusun Sejati Desa: Wisata Tenun Moyudan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle