“Bad Luck” Ramsdale, Kiper Muda Potensial Langganan Degradasi

Photo : Twitter @arsenal

ALINEA- Arsenal telah resmi merekrut Aaron Ramsdale sebagai penjaga gawang anyar mereka. Ramsdale ditebus dari Sheffield United senilai 24 juta pound sterling, ditambah bonus senilai 6 juta pounds jika Arsenal berhasil menembus zona eropa musim depan. Kiper berusia 23 tahun, diproyeksikan menjadi pengganti sepadan bagi penjaga gawang utama, Bernd Leno yang kontraknya akan usai tahun 2023.

Photo : Alex Painting/Getty Images

Namun, banyak fans yang mencemooh keputusan Manajemen Arsenal untuk mendatangkan Aaron Ramsdale. Pasalnya dalam 4 Musim terakhir, 3 klub yang dibela Ramsdale justru turun kasta atau terdegradasi. Hal yang sama juga dikhawatirkan akan menimpa Arsenal, menyusul rentetan hasil buruk yang diraih anak asuh Mikel Arteta dalam beberapa pertandingan terakhir.

Semenjak bergabung bersama Akademi Sheffield United di tahun 2013, Ramsdale memulai debut profesionalnya bersama Sheffield saat mengalahkan Leyton Orient pada ronde pertama Piala FA tahun 2016. Pemain yang saat itu berusia 18 tahun kembali tampil pada laga selanjutnya menghadapi mantan klub masa kecilnya, Bolton. Tetapi Sheffield harus mengakui keunggulan Bolton dengan skor 3-2.

Awal tahun 2017, Kiper Timnas Inggris U-19 dijual Sheffield United ke AFC Bournemouth dengan nilai transfer yang dirahasiakan. Namun, beberapa pihak meyakini nilainya berkisar antara 800 ribu hingga 1 Juta pound sterling. Sayangnya, Ramsdale tak pernah mendapat kesempatan pada tahun pertamanya di Bournemouth.

Pada jendela transfer Januari 2018 Ramsdale dipinjamkan ke klub divisi 4 Liga Inggris atau League Two, Chesterfield. Sejak kedatangannya di pertengahan musim, Gawang Ramsdale telah dibobol sebanyak 36 kali dari 19 kali penampilan yang dicatatkannya bersama Chesterfield. Hasil ini membuat Chesterfield yang kebobolan 83 gol sepanjang musim menjadi juru kunci klasemen League Two 2017/2018 dan terdegradasi ke National League.

AFC Wimbledon menjadi klub selanjutnya yang dibela Ramsdale pada musim 2018/2019. Bersama Wimbledon, ia mencatatkan 20 penampilan dan diakhir musim ia diganjar penghargaan Pemain Muda Terbaik AFC Wimbledon musim itu. Kiper bertinggi badan 188 cm berhasil membawa The Dons melaju ke babak ketiga piala FA 2018.

Ramsdale yang tampil gemilang dibawah mistar gawang, berhasil membawa Wimbledon tak terkalahkan di 7 laga terakhir liga musim itu. Torehan yang oleh Skysports dijuluki “The Great Escape” telah membuat Wimbledon berhasil mengamankan posisi ke-20 di League One 2018/2019 atau satu tingkat diatas zona degradasi. Mereka hanya unggul selisih 3 gol dengan peringkat keP 21 Plymouth.

Tampil gemilang selama masa peminjaman, pada usianya ke 21 Tahun Aaron Ramsdale dipanggil pulang oleh The Cherries yang berlaga di Premier League musim 2019/2020. Tak tanggung-tanggung juru taktik Bournemouth saat itu,Eddie Howe langsung menjadikan Ramsdale pilihan utama dibawah mistar gawang. Kepercayaan itu dibayar tuntas dengan 120 penyelamatan selama 3380 menit menjaga gawang klub yang bermarkas di Vitality Stadium.

Ramsdale melengkapinya dengan peraih penghargaan Pemain Terbaik AFC Bournemouth musim itu. Meski Bournemouth yang menempati peringkat 18 Premier League musim 2019/2020 harus terdegradasi ke kasta kedua atau divisi Championship.

Foto : twitter @idextratime

Penampilan gemilang Aaron Ramsdale bersama Bournemouth menarik minat mantan klubnya, Sheffield United. Demi mengamankan jasa penjaga gawang kelahiran Staffordshire 22 tahun yang lalu, The Blades bahkan rela merogoh kocek sebesar 18,5 juta pound sterling.

Pembelian ini terbukti tepat, Aaron Ramsdale berhasil mengisi kekosongan pertahanan Sheffield usai ditinggalkan Dean Henderson yang habis masa peminjamannya dan kembali ke Manchester United. Ramsdale mencatatkan 145 penyelamatan dalam 38 penampilannya.

Jumlah itu menjadikannya kiper dengan penyelematan terbanyak kedua setelah kiper West Bromwich Albion, Sam Johnston yang mencatat 154 penyelamatan. Sayangnya, Ramsdale yang mendapat penghargaan Pemain Terbaik Sheffield United musim itu lagi-lagi harus merasakan pahitnya Degradasi.

ST ALBANS, ENGLAND – AUGUST 21: New Arsenal signing Aaron Ramsdale in training at London Colney on August 21, 2021 in St Albans, England. (Photo by Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images)

Melihat data dan statistiknya, wajar saja jika para pecinta sepakbola terutama Gunner (sebutan untuk fans Arsenal) kini menantikan bagaimana kiper anggota Timnas Inggris yang berhasil melaju ke Final Euro 2020 ini beraksi di bawah mistar usai kepindahannya menuju The Gunners musim ini. (AP/ZM)

Tags :

BERITA TERKAIT