Begini Cara Duduk Yang Tepat Saat Kerja

Cara duduk yang tepat menentukan postur tubuh yang baik. (Dok. NEW DATA SERVICES on Unsplash)

ALINEA – Duduk seharian saat kerja sambil menatap layar komputer tentu sangat menyiksa. Rasa pegal pada punggung pun tak terhindarkan lagi, tak hanya itu, cara duduk yang tidak tepat juga mempengaruhi kesehatan tubuh.

Jadi, cara duduk yang seperti apa sih yang tepat? simak dibawah ini!

Jangan Duduk Terlalu Lama

Dilansir dari guardian, principal ergonomist Health and Safety Executive, Matt Birtles menyebutkan hal pertama yang harus diperhatikan saat kita duduk adalah jangan duduk terlalu lama.

Liners bisa memiliki kursi dengan harga mahal, tapi jika duduk dengan waktu yang lama, liners tetap akan merasakan pegal dan sakit pinggang.

Istirahatlah walaupun sebentar, misalnya lima menit setiap satu jam. Kemudian, jika perlu lakukanlah meeting sambil berjalan. Ketika sedang ingin berkomunikasi dengan rekan kerja, hampirilah, jangan hanya mengirim email atau pesan singkat.

Saat kerja, hal yang harus diingat adalah kondisi tubuh. Sesekali gerakan tubuhmu jelang waktu jeda, beristirahat di sofa juga dapat membuat tubuh nyaman. Gerakan adalah kunci kesehatan tulang dan otot tubuh.

Menentukan Postur Yang Baik

Pahami seperti apa kursi yang liners gunakan saat berada di kantor. Agar dapat memiliki postur tubuh yang baik, liners harus rileks dan menempatkan semua bagian tubuh bersentuhan dengan kursi. Contoh bagian sandaran kursi harus sesuai dengan lekuk punggung.

Mulailah dengan kaki bersandar di lantai dan sesuaikan tingginya. jika sangat mudah untuk menyelipkan jari-jarimu itu berarti kursi diposisi terlalu rendah. Namun jika sulit, itu berarti kursimu terlalu tinggi.

Adanya sandaran tangan bukan berarti untuk mengistirahatkan tangan. Bagian itu dirancang untuk membantumu berdiri dari kursi dengan leluasa, jadi jangan khawatir pada bagian itu kecuali liners memiliki masalah bahu.

Postur bungkuk memang tidak dapat dihindari karena otot kita sangat mudah terasa lelah. Tenang saja, jika kursi diatur dengan benar, liners tidak akan membungkuk terlalu jauh.

Namun. Jika dirasa tubuhmu mulai membungkuk, cobalah berjalan-jalan di waktu luang agar dapat memperbaiki postur tubuh.

(Faiz)

BERITA TERKAIT