News

Begini Serunya Festival Telur vs. Rokok di Duri Pulo, Jakarta Pusat

0

Jakarta (3/2) – Yayasan Lentera Anak bekerja sama dengan Kelurahan Duri Pulo, dan beberapa komunitas lainnya menggelar Festival Telur vs. Rokok di RPTRA Duri Pulo. Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, turut hadir dan memberikan semangat di acara ini.

Kampanye kreatif yang dikemas dalam bentuk festival berajuk Festival Telur vs. Rokok ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat dan menunjukkan perbandingan manfaat telur dan makanan nutrisi lain dengan rokok, serta menunjukkan bahaya yang ditimbulkan dari harga rokok yang lebih terjangkau ketimbang makanan bernutrisi.

Dalam hasil survei cepat tentang anggaran belanja keluarga di Kelurahan Duri Pulo, tercatat bahwa rata-rata anggaran belanja masyarakat Duri Pulo yang terbesar adalah untuk membeli makanan bergizi/lauk pauk sejumlah Rp 31.000. Ini mengalahkan rata-rata anggaran belanja untuk rokok yang berada di peringkat ketiga sebesar Rp 21.000.

Dok. FCTC Indonesia

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan dari Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, sejumlah penampilan menarik seperti Marching Band SD N 07 Duri Pulo dan Tim Angklung RPTRA Melati Duri Pulo turut mengawali kegiatan ini. Ada banyak game berhadiah yang membuat acara semakin ramai dan diminati segala kalangan.

Traditional Games Return, komunitas yang fokus terhadap pengenalan dan pelestarian permainan tradisional juga memenuhi area bermain anak di lokasi tersebut, bersebelahan dengan area dongeng.  Tak hanya itu saja, Mural Doodle Art Indonesia juga turut serta. Untuk orang dewasa yang datang ke acara ini, ada layanan klinik berhenti merokok juga.

Seorang anak sedang melihat infografis Telur vs. Rokok
(Dok. FCTC Indonesia )

Selain bazar makanan yang dijual dari setiap RW, warga Duri Pulo juga telah menyiapkan 600 butir telur mata sapi yang ditata berjajar di atas meja sepanjang sepuluh meter dan disusun bertuliskan “Indonesia Layak Anak”.

Irwandi, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat berharap agar ke depannya, warga Duri Pulo bisa mengubah kebiasaan yang tadinya lebih memilih rokok, segera berganti pada nutrisi yang lebih bergizi.

 Ika, Duta Telur vs. Rokok(Dok. FCTC Indonesia )

Dalam deklarasi yang dibacakan oleh Ika, warga setempat, juga meminta pemerintah untuk menaikkan harga rokok dengan menaikkan cukai rokok dan membuat kebijakan untuk melindungin anak-anak dari bahaya rokok. (Ruri)

Ruri Kriswanto

Karnaval Budaya Grebeg Sudiro, Bukti Indahnya Harmonisasi Budaya Jawa-Tionghoa

Previous article

Jumlah Pengunjung Klenteng Sam Poo Kong Melebihi Target

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News