News

Berikan Nuansa Lawas , Menu dan Kesenian Tradisional Hadir Lagi di Pasar Lawas Mataram

0
Malam Pembukaan Pasar Lawas 2019 yang berlokasi di Halaman Masjid Besar Mataram Kotagede

Alinea – Pasar Lawas Mataram kembali hadir untuk kedua kalinya. Malam tadi, acara resmi dibuka oleh Ketua Dinas Pariwisata Bantul secara simbolik dengan menabuh kendang.

Acara ini akan berlangsung dari tanggal 1-3 November 2019, dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Bertempat di halaman Masjid Besar Mataram di Desa Jagalan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul. Setiap malamnya pasar ini akan diramaikan oleh pertunjukkan kesenian dari warga setempat.  

Pasar lawas merupakan agenda tahunan untuk menjajakan makanan tradisional zaman dahulu ataupun makanan khas Kotagede. Acara ini sendiri bertujuan untuk menggali potensi Desa Jagalan dengan menonjolkan makanan dan kesenian tradisional. Selain itu melalui Pasar Lawas ini, pihak panitia ingin menghadirkan nuansa lawas atau jadul , di mana interaksi sosial mudah tercipta.

Diperkirakan dan diharapkan Pasar Lawas kali ini akan lebih meriah dari tahun lalu, yang hanya digelar satu hari dengan 15 pedagang makanan tradisional. Tahun ini Pasar Lawas diadakan selama 2 hari 3 malam dengan pedagang makanan sebanyak 30 pedagang yang merupakan warga Desa Jagalan. Perpanjangan waktu pengadaan diharapkan dapat memberikan pendapatan tambahan bagi warga Desa Jagalan yang berjualan di Pasar lawas.

Tak hanya itu Lurah Desa Jagalan, Gono Santoso berharap dengan adanya Pasar lawas ini wisatawan domestik maupun mancanegara akan tertarik datang ke Desa Jagalan.

“ Pasar Lawas ini sebenarnya hanya pemantik, sudah ada paket wisata yang akan kami tawarkan kepada wisatawan melalui event ini ” ujarnya, Jumat (01/11/2019)

(dian)

Dian Hastuti

Mahakarya, Konser Musik Kontemporer dan Paduan Suara

Previous article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *