News

Dies Natalis Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta ke-35

0
dies natalis sekolah tinggi multi media
Perayaan daring HUT STMM ke-35 | Dok. Webinar

ALINEA – Hari ini tanggal 31 Juli 2020 Sekolah Tinggi Multi Media atau STMM Yogyakarta genap berusia 35 tahun. Perjalanan yang cukup panjang sebagai suatu Lembaga Pendidikan Tinggi di bidang multi media. STMM mengawali perjalanannya sejak tahun 1985. Bermula sebagai Lembaga Pendidikan dan Pusat Pelatihan bagi para broadcaster TVRI dan RRI seluruh Indonesia. Saat itu, Lembaga Pendidikan ini bernama Multi Media Training Centre atau MMTC.

Seiring perjalanan waktu, MMTC berkembang menjadi Sekolah Tinggi Multi Media atau STMM dan mulai terbuka untuk lulusan SLTA/sederajat. Selama lebih dari tiga dasawarsa ini, para alumni telah banyak mengukir karya. Di antaranya di bidang Penyiaran Televisi, Radio, Film, serta Animasi dan Game. Prestasi di bidang akademik dan non akademik juga diraih para Civitas Akademika baik tingkat daerah, nasional, atau internasional. Mahasiswa dan para dosen dari enam prodi dan tiga jurusan terus berpacu dalam meraih prestasi terbaiknya untuk STMM Yogyakarta.

Perayaan Dies Natalis Sekolah Tinggi Multi Media dengan webinar

Suasana webinar langsung dari studio | Dok. Webinar

Peringatan Dies Natalis tahun 2020 dirayakan dengan cara yang berbeda, yakni secara daring akibat bertepatan dengan masa pandemic COVID-19. Perayaan dikemas dengan Hajatan Webinar Nasional STMM Series #1 sampai #6. Bertemakan Penyiaran TV, Penyiaran Radio, Animasi dan Game, serta Perkembangan Teknologi dan Media Komunikasi. Hajatan ini digelar selama 4 bulan sejak bulan Juni hingga bulan September mendatang.

Pada 30 Juli 2020, dilaksanakan Webinar Nasional series #3 di Studio TV 2 Kampus STMM. Menghadirkan 5 orang narasumber, yakni Ketua Komisi I DPR RI, serta para praktisi dan akademisi di bidang animasi dan game. Mereka berasal dari Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Ada dari Agate Internasional Bandung, Universitas Bina Nusantara Jakarta, dan Gameloft Yogyakarta. Ketua Sekolah Tinggi Multi Media pun membahas tentang berkreasi melalui animasi dan game.

Webinar bertema animasi dan game yang banyak diminati

Bidang animasi dan game yang sedang tren banyak diminati peserta. Hal ini terbukti, webinar dengan tema ini mampu menggaet 700 peserta secara daring melalui Zoom Meeting dan live streaming YouTube. Ada hal yang menarik. Webinar ini tak hanya diikuti oleh perorangan saja, namun juga berbagai kelompok siswa. Mulai dari SMK Budiluhur dan Prima Unggul Tangerang jurusan Multimedia, SMK 1 Surabaya, STMIK Bandung, dan SMK 5 Yogyakarta. Materi webinar menjadi pelajaran daring pada hari tersebut bagi mereka, khususnya pada mata pelajaran Animasi dan Game.

Acara yang dipandu oleh Ketua Program Studi Animasi STMM Charles De Haan ini berlangsung selama 3 jam lebih. Acara diakhiri dengan celebration ulang tahun STMM oleh peserta, para narasumber, dan seluruh crew di Studio TV 2.

Dies Natalis Sekolah Tinggi Multi Media
Perayaan Dies Natalis STMM Yogyakarta dilaksanakan secara daring. | (Dok. Webinar)

Walau perayaan dilaksanakan secara sederhana dalam masa pandemic COVID-19, namun penuh dengan makna. Perayaan ini menjadi refleksi, evaluasi, dan tekad untuk terus maju bersama dalam mengembangkan STMM; Lembaga Pendidikan Tinggi di bidang Multi Media dari Yogyakarta untuk Indonesia.

Dirgahayu STMM Yogyakarta.
“STMM Tangguh dan optimis menghadapi era kenormalan baru”.

(Nunuk Parwati)

Nunuk Parwati

Kembali Tren, Kini Pelihara Ikan Cupang Jadi Hobi Mahal!

Previous article

Kesiapan Sirkuit Mandalika Jelang Gelaran MotoGP 2021

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News