Jokowi Tegaskan Vaksin COVID-19 Gratis untuk Masyarakat

Vaksin Sinovac (Sumber : Kompas.com / AFP / NICOLAS ASFOURI)
Vaksin Sinovac (Sumber : Kompas.com / AFP / NICOLAS ASFOURI)

ALINEA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), melalui akun instagram resminya menegaskan akan gratiskan vaksinasi corona untuk seluruh masyarakat Indonesia. Jokowi telah memberikan instruksi kepada menteri keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merelokasi anggaran lain terkait dengan vaksin gratis.

Dilansir dari CNN Indonesia, Indonesia telah mendatangkan vaksin Sinovac untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. Vaksin ini sendiri diproduksi oleh Sinovac Biotech Ltd yang berasal dari Tiongkok, dan didatangkan langsung dari Beijing.

Pemerintah sendiri telah memilih vaksin Sinovac sebagai salah satu vaksin yang akan didistribusikan kepada masyarakat. Beberapa alasan dalam pemilihan Sinovac sebagai vaksin adalah sebagai salah satu vaksin yang dikembangkan tercepat. Sinovac sudah memasuki uji klinis tahap tiga, metode pembuatan vaksin yang telah dikuasai Bio Farma, dan sistem mutu yang dimiliki perusahaan Sinovac sudah diakui oleh Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Distribusi dan pemberian vaksin baru benar-benar bisa diedarkan di masyarakat paling cepat sekitar bulan Mei 2021. Karena masih banyak uji klinis yang harus dilakukan demi memastikan keamanan, khasiat, dan mutu yang terjamin dari lembaga berwenang. ( Zaky Makarim )

BERITA TERKAIT

One Response

  1. Apalagi di tengah pandemi terdapat kurang lebih 6,9 juta pengangguran dan 3,5 juta pekerja terdampak pandemi covid 19 dan sebanyak 87% dari total penduduk pekerja memiliki tingkat pendidikan setingkat SMA ke bawah di mana 39% berpendidikan sekolah dasar sehingga perlu mendorong penciptaan lapangan kerja baru khususnya di sektor padat karya, katanya. Menjelang disahkannya undang-undang ini, Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Nining Elitos, mengatakan buruh melakukan demonstrasi – dengan salah satu titik di depan Gedung DPR, Jakarta – untuk menyuarakan apa yang disebutnya sebagai mosi tidak percaya terhadap kekuasaan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *